Sabtu, 01 Desember 2018

# Cerita # challenge

5 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Badan


Saya bukanlah sarjana kesehatan atau dokter atau semacamnya. Bukan juga orang yang bekerja pada bidang kesehatan. Namun, yang namanya menjaga kesehatan adalah hal wajib. Walaupun cara yang akan saya sharing ini sangat sederhana, mudah-mudahan bermanfaat.

Beginilah cara saya menjaga kesehatan:

1. Istirahat yang Cukup
credit

Istirahat kadang dianggap sepele. Padahal beristirahat dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Beda usia beda juga lama beristirahat. Untuk orang dewasa istirahat yang dianjurkan biasanya 5-8 jam sehari. Sedangkan anak-anak bisa hingga 12 jam sehari dan bayi bahkan bisa hingga 18 jam per hari.

Saya selalu mencoba memenuhi jam istiahat tersebut. Selain di badan menjadi lebih fit juga lebih bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Yang sangat perlu diperhatikan adalah jam istirahat anak-anak. Karena pada saat istirahat sel-sel otak anak juga berkembang, makanya anak-anak harus mempunyai jam istirahat yang cukup agar tidak menganggu tumbuh kembangnya.

2. Makan Teratur
credit

Makan saya jadwalkan 3 kali sehari. Mungkin bagi sebagian orang hal ini adalah teori lama, tapi meski demikian saya tetap melaksanakannya dan menjadikannya pegangan. Walaupun kadang tidak harus makan nasi. Selain makan besar 3 kali sehari ada lagi jam makan makanan ringan 2 kali sehari yaitu jam sepuluh pagi dan jam empat sore.

Makan yang paling agak besar porsinya saya jadwalkan di siang hari. Kalau sarapan sekedar makan kue sudah cukup, makan malam juga tidak terlalu banyak, biasanya diperbanyak sayur atau protein saja. Sedangkan jam ngemil biasanya rame-rame di kantor atau bawa cemilan sendiri.

3. Makan-makanan Bergizi
credit

Makan makanan bergizi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun kemudian tidak semua makanan bisa dimakan apalagi bagi mereka yang menderita penyakit tertentu seperti gula darah. Ada makanan yang memang harus dihindari demi menjaga kesehatan.

Saya dan suami memiliki keluhan yang berbeda, kalau saya sering kelebihan kolesterol, kalau suami sering kelebihan asam urat. Saya tidak makan telur melainkan tahu tempe, kalau suami sebaliknya.

4. Hindari Stres
credit

Ini adalah hal yang paling penting dalam hidup, karena sebenarnya sumber segala penyakit adalah tingkat stress yang kita alami. Jadi stress juga nggak boleh didiamkan atau dipendam, harus diungkapkan kepada seseorang agar kadar stress yang dialami berkurang. Karena stress yang menumpuk akan mengakibatkan kesehatan seseorang yang buruk.

Agar tidak stress saya menulis. Menulis apa saja yang di akhri tulisan membuat saya tersenyum. Atau memasak, yang bau harumnya bisa membuat otak saya rileks dan stress berkurang.

5. Konsumsi Suplemen
credit

Ini adalah menu tambahan ketika badan terasa tidak enak juga. Suplemen ini hanya bertujuan untuk menjaga daya tahan tubuh ketika istirahat kurang, atau asupan makanan belum lengkap gizinya. Suplemen yang saya minumpun saya pilih yang berlabel jamu. Karena biasanya tidak memiliki efek samping ataupun memperberat kerja ginjal.

Harapannya dengan menerapkan lima langkah hidup sehat ini, kami makin terhindar dari yang namanya penyakit dan tidak mengkonsumsi obat-obatan kimiawi. Namun tetap saja manusia hanya berusaha, Yang Maha Kuasa lah penentu segalanya.



Adakah yang bertanya mengapa olahraga tidak saya masukkan dalam lima langkah hidup sehat ini? Asumsi saya kami sudah otomatis berolahraga tiap hari karena di rumah tidak ada asisten jadi beberes rumah dilakukan suami, saya memasak dan mencuci. Belum lagi ngurusin bocah-bocah hihihi.

23 komentar:

  1. Asupan supplement untuk tetap sehat dan fit terkadang memang perlu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, apalagi kalau sudah berumur hihihi

      Hapus
  2. penting banget informasi ini kita baca dan kita amalkan, sangat penting untuk kita dapat memelihara kesehatan diri kita sendiri

    BalasHapus
  3. kalau saya utamain makanan dan tidur. jk kedua itu terganggu bakal kacau. kesehatan dan mood

    BalasHapus
  4. Betul, Mba.Kalau makan teratur mah gampang yang susah kadang mengelola waktu untuk istirahat yang cukup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, apalagi kalau banyak deadline ya...

      Hapus
  5. Setuju, makan teratur, tidur teratur, intinya yang teratur2 itu penting untuk kesehatan😊

    BalasHapus
  6. keteraturan membuat sesuatu menjadi lebih terkontrol, mari hidup sehat!!

    BalasHapus
  7. Sepertinya jam tidur saya per hari kurang dari itu. Hehe ... Makan sih tetap sehari 3 Kali. Idem sih, suplemn kadang saya minum juga. Makasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, kalau jam tidur saya malah lebih wkwkwk, habis sambil ngeloni bocah ikut ngorok

      Hapus
  8. Wah maksih infonya mbak...satu lagi yg kurang, olahraga hehe.. pola makan & gaya hidup memang berpengaruh thd kondisi kesehatan kita

    BalasHapus
  9. Tambah satu lagi mbak

    Jangan suka begadang

    Hehe

    BalasHapus
  10. Nomor 5 ini aku yg jarang
    Penginny sih enggak pakai suplemen2an sehat mbaa

    BalasHapus
  11. Nah ini, kalo lagi dateline suka kurang tidur dan skip makan #janganditiru

    BalasHapus
  12. Bener semua itu 5 langkahnya. Praktiknya yang kadang ga konsisten nih saya. Terutama di jam tidur.
    Btw, tentang olahraga, saya pernah beralasan sama dg Mbak: beberes rumah kan olahraga.
    Eh, dikasih tau masalah seorang senior: beda atuh! Kalo olahraga tuh gerakannya disengaja, teratur, berirama, ada target kalori yg dibakar, dst.

    Hehe, bener juga sih. Sejak saat itu saya mulai sengaja jogging. Teratur? Enggak juga :D apalagi musim hujan gini. Nah, PR banget buat saya ini mah

    BalasHapus
  13. Wah, istirahat yang kurang ini.
    Anak-anak bangun ikut main, anak todur beberes, belum selesai sudah pada bangun lagi 😅.
    Nasib ya mbak 😂

    BalasHapus
  14. Hhhi sama bund . Saya juga olaraola di dapur setiap pagi..
    Walaupun lari pagi bareng paling sebulan cmn sekali dua kali...
    Mantap bund makasih udah diingatkan lagi..
    Saya kayaknya butuh istrhata banyak nih.. 5 jam sehari.. siap...

    BalasHapus