Senin, 24 Desember 2018

# Cerita

5 Hal Yang Ingin Dilakukan di Tahun 2019


Tahun baru biasanya penuh dengan resolusi baru. Apakah resolusi 2018 sudah tercapai? Saya masih ada yang belum hehehe. Jadi 2019 ini mau saya kejar resolusi yang belum tercapai di tahun sebelumnya. Dan ini dia lima hal yang ingin saya lakukan di tahun 2019.

1. Nulis Buku Solo

Tahun 2018 saya mencoba menulis buku solo, sayang belum selesai. Rencana mau dikejar tahun 2019. Sudah sedia matriks juga supaya bisa kelar dan dikirim ke penerbit pada bulan Maret 2019.

Banyak tantangan yang dihadapi dalam menulis buku ini. Inkonsistensi adalah penghalanag utama. Target tiap hari nulis dua halaman, namun ternyata realisasinya hanya dua halaman selama seminggu. Selain itu kadang saya juga merasa buntu dengan apa yang mau ditulis. Bahan-bahan bacaan masih banyak yang perlu dicari dalam proses penulisan buku ini.

2. Konsisten Menulis di Wattpad

Saya juga ingin punya novel hehehe. Saya suka menulis fiksi sejak kecil. Namun saya bukan tipe penulis yang kejam terhadap tokoh utama. Makanya, mungkin kisah saya kurang greget. Tapi ketika suatu pagi ada yang memberikan suara pada cerita saya, hal tersbut seperti memberi sebuah semangat baru untuk kembali melanjutkan cerita yang pernah dibuat. Target saya di tahun 2019 nanti ada tiga novel yang saya tulis di Wattpad.

3. Mengelola Satu Lagi Blog TLD

Sudah ada rencana untuk membuat salah satu blog yang saya kelola menjadi TLD. Memang mengelola blog itu susah-susah gampang. Namun hal ini sudah saya niatkan sejak tahun lalu. Tinggal nunggu promo domain murah untuk mengeksekusinya hihihi. Sayangnya belum mendaptkan nama domain yang cocok. Nichenya tentang ibu dan anak, kira-kira ada yang mau sumbang saran nggak ya untuk namanya?

4. Mengelola Bisnis Dengan Baik

Setelah list 1-3 tentang kepenulisan yang keempat adalah tentang bisni. Gini-gini saya juga berbisnis lho, untuk nambah keranjang telur hehehe. Sayangnya saya belum bisa fokus berbisnis karena selalu mengutamakan pekerjaan tetap yang sekarang sedang digeluti. Dengan modal menajemen waktu yang lebih baik, semoga di tahun 2019 pengelolaan bisnis juga lebih baik.

5. Sekolah

Keinginan untuk sekolah lagi sebenarnya sudah cukup lama terpendam. Namun tahun-tahun sebelumnya saya masih ragu. Sekolah di unversitas ternama atau bahkan keluar negeri adalah impian saya. Tapi mengingat anak-anak yang juga sedang merajut masa depan mereka membuat saya mengubur impian tersebut. Masa depan anak lebih penting, kebersamaan kami saat ini juga sangat penting. Hingga akhirnya atas izin suami saya tetap akan bersekolah namun tidak perlu berpisah dari keluarga.


Itulah lima hal yang ingin saya lakukan di tahun 2019. Mohon doanya semoga semua bisa dijalani dengan baik.

29 komentar:

  1. Wah,saya 1 blog aja masih keteteran mbak...
    Semoga niat sekolah lagi, dilancarkan ya...

    BalasHapus
  2. Nomor 1-4 sepertinya OK deh... Yang nomor 5 ini, saya juga pengen, ntar kalau mbak sekolah ke luar negeri, anak2nya di bawa yaaa, dijamin mereka pasti suka....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang no 5 sekolah dalam negeri saja mbak, yang nggak usah berjauhan sama keluarga. Sudah dua kali LDM rasanya tuh berat hehehe

      Hapus
  3. Maa syaa Allah
    Salutt
    Semoga diijabah y Mbaa

    BalasHapus
  4. Resolusinya keren. Semoga dimudahkan dan dilancarkan ya, Mbak.

    BalasHapus
  5. Nomor satu..sama dengan saya mbak. Pingin banget nulis buku solo tapi terkendala waktu. Bahan sudah ada tapi waktu terkadang nggak kebagian dengan pekerjaan yang lain. Ya Allah, semoga diijabah Allah yah, buku solo terbit di tahun 2019. AAmiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, semangat mbak Salbiah
      Kendalanya sama dengan saya, suka keteteran pas pekerjaan kantor sedang menumpuk

      Hapus
  6. Saya juga pengen punya buku solo dan blog khusus traveling. Samaan ternyata, mungkin sehati, ya. Hanya saja untuk kelola dua blog dengan aktivitas nulis yang lain sudah bisa belum, ya? Ini jadi pe er juga buat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe agak khawatir juga sih mbak, semoga bisa. Mencoba dijalani dulu

      Hapus
  7. Masyaallah, keren mb, produktif banget. Jadi ikutan semangat nih. Semoga resolusinya tercapai semua. Barakallah

    BalasHapus
  8. Wiz..keren resolusinya, no 1 dan no 5 juga jadi resolusiku semoga diijabah ya, Mba. aamiin...

    BalasHapus
  9. aamiin semoga tercapai semua ya mbak. mohon doa juga no 1 sama dengan keinginanku yang belum tercapai juga.

    BalasHapus
  10. Maa syaa Allah
    Smoga terkabul smua mba

    BalasHapus
  11. Semoga resolusi 2019 dapat tereksekusi dengan baik ya, Mbak

    BalasHapus
  12. Sama mbak. aku maunya makin produktif lagi dalam menulis. mudahan tercapai yaa..

    BalasHapus
  13. Wow. Resolusinya keren-keren. Lanjutkan, Mbak :)
    Menulis buku solo emang biasanya salah satu yg ingin ditaklukkan, baik itu fiksi atau non fiksi.
    Saya pun ingin nulis buku solo kedua tahun depan, insya Allah. Harus bagi2 konsentrasi dengan fokus ngeblog, sih.
    Bismillah... Semoga resolusi kita berkah ya, Mbak. Aamiin

    BalasHapus
  14. Wah, banyak ya Mbak rencananya di tahun ini. Mudah-mudahan Allah memudahkan semuanya. Saya juga sering nggak konsisten dan suka menunda-nunda, makanya saya suka ikut tantangan menulis ini itu, biar ada yang maksa-maksa terus. Untu blog TLD dengan niche ibu dan anak, saya usulkan namanya SUPERMOM aja Mbak, hehehe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, Amiin makasih doanya ya mbak, terima kasih juga sarannya...

      Hapus
  15. Mudah-mudahan diberikan kelancaran mewujudkannya, Mbak.
    Hebat nih, mau punya blog baru, saya 1 blog aja masih belum keurus.

    BalasHapus