Jumat, 28 Desember 2018

# Cerita

5 Hal Yang Dapat Dilakukan Saat Liburan


Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hore…
Hore…

Alhamdulillah liburan tiba, terutama untuk anak sekolah. Kalau untuk karyawan ya mesti ambil cuti untuk ikut menikmati liburan bersama anak-anak. Biar nggak bingung kadang saya membuat daftar keguatan yang akan dilakukan selama liburan. Nah ini dia lima kegiatan yang mungkin bisa menjadi inspirasi saat liburan.

1. Rekreasi

Ah…ini sih hal yang wajib dilakukan saat liburan. Namun jangan lupa untuk menyiapkan segala sesuatunya sebelum pergi liburan. Antara lain:

a. Tujuan
Tujuan ini penting agar kita tidak membuang waktu saat di jalan. Ini terutama ketika kita berekreasi di area yang masih bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat. Rekreasi tanpa tujuan itu ibarat mencari harta karun tanpa peta.

b. Daftar Barang-Barang Yang Harus Dibawa
Ini wajib dibuat kalau kita tidak mau ada barang yang ketinggalan saat berlibur. Jangan sampai mengeluarkan biaya karena keteledoran ini ya.

c. Transportasi
Cek fisik kendaraan ketika akan bepergian menggunakan kendaraan pribadi atau pilih penyedia jasa angkutan umum yang sudah terpercaya. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kendala selama di perjalanan.

d. Budget
Ini yang paling penting. Budget menentukan segalanya, mau liburan jauh atau dekat, ke satu tujuan atau banyak tujuan, nginap di hotel atau wisma , naik kendaraan umum atau pribadi, semua tergantung anggaran. Agar tak terlalu boros buat perkiraan biaya selama liburan dengan cermat. Mulai dari pengeluaran transportasi, akomodasi, konsumsi, tiket dan oleh-oleh.

2. Mengerjakan Hobi

Liburan adalah kesempatan untuk mengerjakan hobi. Karena hobi saya banyak jadi harus dibagi-bagi. Ada hari dimana khusu untuk baking sebagai penyaluran hobi memasak. Di hari lain mengerjakan crafting, hari selanjutnya berkebun. Siapa tahu dari hobi ini bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah hihihi.

3. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Saat liburan merupakan saat yang paling tepat untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Kalau biasanya hanya berkumpul di pagi dan sore hari, selama liburan seharian bisa dihabiskan bersama keluarga. Tak hanya rekreasi, bermain menyusun lego bersama anak-anak juga merupakan quality time yang berharga. Atau sekedar shopping bersama Ibu di minimarket sebelah, juga sudah memberikan kebahagiaan tersendiri.

4. Membereskan Rumah

Ibu pekerja yang punya balita apalagi lebih dari satu dan tidak memimiliki asisten rumah tangga biasanya rumahnya berantakan. Eh ini sih saya saja ya hahaha. Biasanya hari libur merupakan kesempatan untuk membereskan rumah.

Mulai dari merapikan lemari dan menghibahkan baju layak pakai, menyingkirkan mainan yang rusak dan mungkin membahayakan anak-anak, meloakkan barang-barang yang sudah tidak diperlukan dan lainnya. Membuat rumah lebih lapang dan nyaman pasca liburan kadang menjadi target tersendiri.

5. Menyusun Planning

Perencanaan itu penting agar hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan maksimal. Menyusun rencana itu juga memerlukan waktu khusus dan otak yang fresh. Maka dari itu liburan merupakan saat yang tepat untuk menyusun planning.

Bukan hanya planning kerjaan tapi juga perkembangan anak. Apa yang suda harus dicapai pada bulan-bulan yang sudah ditentukan dan kapan dievaluasi merupakan bagian penting dalam mencapai tujuan.


Bagaimana dengan kamu, apa yang kamu lakukan saat liburan?

2 komentar:

  1. bener banget, terkadang waktu liburan itu sering aku habiskan untuk menyalurkan hobi. Seperti menulis, ya lebih sering aku kerjakan saat libur sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, liburan merupakan kesempatan besar untuk menulis ya....

      Hapus