Sabtu, 24 November 2018

# Cerita # challenge

Untuk Apa Sosial Media?

Memiliki sosial media bagi seseorang sangat penting. Apalagi bagi seorang blogger. Bahkan bukan hanya untuk para blogger namun juga pebisnis, instansi pemerintah, dan lain sebagainya.

Memangnya apa perlunya sosial media? Apalagi untuk blogger. Kalau bagi saya ada tiga manfaat sosial media bagi blogger seperti saya.

1. Sharing isi blog

Sharing isi blog adalah manfaat yang pertama. Sharing di blog dapat membantu teman-teman yang mungkin sedang membutuhkan apa yang kita sharing.

Misalnya saja tentang MPASI. Mungkin teman di sosial media kita ada yang perlu MPASI, nah pas kita sharing wah bisa terbantu teman kita. Senang kan kalau bisa bantu orang lain meski hanya lewat tulisan.

2. Meningkatkan traffic blog

Ini adalah manfaat yang kedua. Ketika sharing kita banyak diminati atau mungkin ada yang penasaran maka pasti banyak yang mampir ke blog kita. Apalagi kalau di-posting di grup facebook misalnya, pasti akan banyak yang berkunjung walaupun tidak semua meninggalkan jejak.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan ketika menginginkan traffic blog meningkat melalui sosial media ini, yaitu kita juga perlu berkunjung ke blog teman lain di sosial media. Apalagi jika sudah tergabung di dalam grup. Walaupun tidak ada aturan tertulis namun blogwalking ini cukup jitu meningkatkan traffic blog lewat sosial media.

3. Branding diri

Sudah banyak diketahui bahwa sosial media sering dijadikan sebagai ajang branding. Paling banyak adalah pelaku bisnis baik online maupun offline. Nah blogger pun bisa menggunakan sosial media untuk membranding diri.

Kunci dari branding diri adalah konsisten. Ketika kita konsisten maka lama kelamaan kita akan dikenal sebagai blogger. Dari sini kadang juga job bisa mengalir.

Namun untuk membranding diri perlu proses yang cukup panjang, tidak semudah membalikkan tangan. Jika belum dikenal sesuai dengan apa yang kita inginkan sebagai citra diri mungkin karena kita kurang konsisten.

Itulah tiga manfaat sosial media bagi blogger yang saya rasakan hingga kini. Mungkin ada manfaat lain yang ingin ditambahkan? Feel free to comment ya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar