Kamis, 29 November 2018

# Cerita # challenge

Lima Buku Anak Yang Ciamik

Buku itu sudah seperti kebutuhan pokok. Tanpa buku rasanya ada sesuatu yang kurang. Kalau dulu biasanya beli buku untuk diri sendiri sekarang mulai mikir buat beli buku anak.

Membeli buku anak itu gampang-gampang susah. Beberapa permasalahan yang sering dihadapi adalah visualisasi buku. Buku yang cantik otomatis akan meningkatkan minat baca anak. Ada juga buku yang antara cerita  dan ilustrasinya nggak nyambung. Saya pernah beli buku  model begini, murah sih  namun dari segi mutu rugi rasanya.

Yang juga perlu diperhatikan yaitu cerita. Kadang ada cerita yang tidak sesuai dengan usia anak. Saya pernah menjumpai sebuah buku yang ilustrasinya bagus tapi isinya sama sekali tidak mencerminkan budi pekerti yang baik. Tokoh utamanya akhirnya bahagia namun dari hasil mencuri dari tokoh yang dijadikan antagonis.

Yang terakhir adalah budget. Budget ini perlu dijadikan pertimbangan untuk menjaga stabilitas ekonomi rumah tangga.

Nah untuk ibu-ibu yang mungkin saat ini sedang bingung mencari bahan bacaan atau belajar untuk anak, mungkin lima buku ini bisa membantu.

1. Halo Balita
Usia: 1-5 tahun

Saya membeli buku ini sekitar tahun 2013. Memang satu setnya bisa dibilang  cukup menguras dompet. Namun karena ada pilihan arisan saat itu jadi tidak terasa.

Isinya cukup mendidik, karena ada 3 nilai yang diajarkan yaitu self help, value dan spiritual. Buku ini juga turun temurun ke si tengah dan si bungsu. Kadang malah rebutan minta diceritain yang ini dan yang itu. Pokoknya kalau sudah ada buku ini anak-anak senang.

2. Serial Si Kancil
credit

Usia: 3 tahun ke atas

Ingat dongeng si kancil? Dongeng klasik ini seolah membawa saya ke masa lalu. Makanya ketika melihat sampulnya yang keren langsung kepincut. Ada beberapa seri dari dongeng ini seperti Kancil dan Pak Tani, Kancil dan Buaya dan sebagainya.

3. Buku Abacaga



Usia: 4 tahun keatas

Berkat buku inilah si sulung bisa membaca. Buku ini nampaknya juga bakalan turun temurun ke adiknya. Review tentang buku ini sudah pernah saya posting di blog ini. Metode membaca yang digunakan diadaptasi dari metode qiraati, sehingga anak tidak perlu lagi mengeja. Untuk anak usia TK sudah bisa digunakan. Per halaman dialokasikan waktu sekitar sepuluh menit, namun bagi anak yang sudah bisa membaca meski belum lancar waktu yang diperlukan biasanya kurang dari itu.

4. Kisah 25 Nabi
credit

Usia: 6 tahun ke atas

Buku ini dirancang khusus untuk anak-anak agar lebih mengenal nabinya. Namun karena ilustrasinya tidak begitu banyak jadi bisa digunakan untuk usia 6 tahun ke atas. Gaya bahasanya ringan dan mudah dipahami tanpa mengurangi hikmah yang terkandung.

5. Ensiklopedia Junior: Hewan-hewan Pemecah Rekor.
credit

Usia: 4 tahun ke atas

Buku ensiklopedia adalah salah satu jembatan anak mengenal dunia. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari buku ini, apalagi ensiklopedia biasanya juga memberikan gambar yang detail dan menarik. Buku ini pernah saya review juga di blog ini ya....

Sebenarnya buku ini bisa untuk semua umur. Namun kertasnya yang tidak terlalu tebal akan sangat mudah sobek ketika balita memegang atau memainkan atau bahkan sengaja merobeknya hehehe. Makanya menggunakan buku ini untuk balita harus didampingi orang tua, kalau tidak bisa-bisa hancur deh tu.

Itulah lima buku ciamik yang ada di rumah kami. Semoga bisa diambil manfaatnya.

27 komentar:

  1. Kayaknya buku yang keempat wajib punya ya semua anak Muslim..
    Buku lainnya keren juga, edukatif dan informatif.
    Memang memilih buku anak musti dipertimbangkan dengan matang karena anak-anak belum mampu mencerna segala sesuatu dengan baik.

    BalasHapus
  2. Membiasakan membaca ini yaaaaa sungguh luar biasa effortnya, karena kita terlalu banyak suguhan visual yang menguras fokus, jadi baca harus bener bener dikasih porsi khusus

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya belum membiasakan untuk membaca sih mbak, baru tahap awal pengenalan untuk mencintai buku

      Hapus
  3. anak-anak sepertinya memang perlu deh baca-baca buku ini semua, terutama tentang 25 kisah nabi. Thanks ya utk info buku2nya :D

    BalasHapus
  4. Aku udah punya yang no 1 sejak anakku umur belum setaun, sekarang anaknya udah TK B, masih aweeett

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, anak saya malah sudah SD, sudha turun ke adek-adeknya

      Hapus
  5. Memang kudu pandai-pandai sih beli buku anak. Pernah juga, dapat buku anak tapi di dalamnya sarat tindak kekerasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini yang bahaya mbak, buku untuk sumber pendidikan kok malah isinya kriminal ya....

      Hapus
  6. Membiasakan anak membaca sejak kecil memang penting, dan memilih bacaanbyang tepat dan bermanfaat itu sangat penting

    BalasHapus
  7. Meski anak saya belum bisa baca karena masih balita, tapi saya senang memperlihatkan buku, terus dia akan nunjuk ini dan itu. Saya belum punya Hallo Balita tapi kisah nabi memang harus Kita kenalkan pada buah hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, saya juga mengenalkan buku pada anak sejak dini... semoga setelah mencintai buku mereka juga akan cinta membaca

      Hapus
  8. Pengen buku2 no 1. Tapi emang mehong ya mbak...

    Anak2 lg seneng2nya dibacaain, trus dikepoin, akhirnya di sobekin 😅.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, saya dulu ikut arisan dan selama arisa puasa belanja buku hehehe

      Hapus
  9. Bagus2 mb bukuny
    Skrg ankku masih 19 bulan
    Jujur aj nyari buku yg usia di bawah 2 th blom ad yg cocok
    Apa dibikinin sendiri aj y wkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya mbak emang agak susah nyariin buku anak umur segitu. anak saya yang paling kecil umur 23 bulan kalau dikasih buku biasa masih suka disobekin,

      Hapus
  10. Dari dulu suka beliin buku anak-anak yang visualnya menarik dan berwarna warni,untuk melatih dan meningkatkan imajinasi anak.

    BalasHapus
  11. Belum punya anak jadi belum koleksi buku anak anak hihi

    Salam kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi saya dulu juga gitu, hunting bacaan anak setelah punya anak
      salam kenal kembali mbak

      Hapus
  12. Penting banget memang mengenalkan buku sejak dini pada anak. Salah satu triknya tentu saja memilihkan buku yg menarik ya, Mbak. Pasti kita butuh referensi atau review sebelum membeli. Yang no.1 saya blm punya tp ada sih paket buku balita dr penerbit lain. Harganya emang lumayan, bisa dapet HP yg dual kamera, hehe. Tapi lebih penting anak dong, ya.
    Bagi saya, buku jg jadi investasi Karena yg punya kakaknya bisa untuk adiknya. Bisa dipinjamkan ke temannya juga agar teman2 nya ketularan virus membaca juga

    BalasHapus
  13. Keren mbak. Saya jadi mupeng dan pengen bacain cerita untuk anak. Saya juga jualan buku cerita anak Little abid itu juga recommend bgat bund..
    Krn saya belum diamanahi anak jd belum beli..,
    Skrng masih beli buku2 parenting dsbg..

    BalasHapus
  14. Hore, saya punya bukunya. Alhamdulillah, anak-anak juga kumanjakan dengan buku-buku di rumah.

    BalasHapus
  15. Yeay! Makasih banyak mba buat artikel nya ya. Jadi bahan sharing juga nih buat esok nanti, salah satu investasi yg gaboleh di lewat adalah buku

    BalasHapus
  16. Buku memang jendela dunia ya, mbak.
    Alhamdulillah anak saya yg usia 9 tahun sudah mulai suka baca, meskipun genrenya banyakan komik.
    Tiap bulan sudah minta jatah dibelikan buku 😅 tapi untungnya sekarang ada perpustakaan daerah yg nyaman, jadi lumayan hemat bisa ke sana tiap minggu 😁

    BalasHapus