Kamis, 22 November 2018

# Cerita # challenge

Kenapa Kupilih Nama Ini?


Memilih nama itu gampang-gampang susah. Jangankan memilih nama anak, mikirin nama blog juga pusing hihihi. Awal blog ini berdiri #cieh saya memberinya nama widaaya. Kenapa widaaya? Wida adalah nama panggilan saya aya ya lanjutannya widayati.

Hingga kemudian saya belajar ilmu branding. Ingin dikenal sebagai apa saya ini. Bagaimana cara mewujudkannya. Dan disitulah saya belajar seperti menemukan jati diri hehehe. Bukan hanya untuk blog tapi juga untuk berbagai sosial media saya kecuali Twitter. 

Awalnya nama blog ini ingin saya namai sama dengan akun sosial media saya seperti Facebook dan Instagram dengan nama panjang. Tapi rasanya kok janggal, saya kan juga pengen punya nama blog yang keren seperti orang-orang. Hingga akhirnya terbersitlah untuk menyingkat nama awal. Ala-ala penulis Harry Potter JK Rowling. Dan akhirnya jadilah PW Widayati untuk menamai blog ini.

Bermula dari nama blog ini akhirnya malah saya jadikan sebagai nama pena. Di beberapa buku antologi yang saya garap saya menggunakan nama pena PW Widayati. Semoga nama ini bisa diingat banyak orang dan memiliki sejarahnya sendiri. 

Meskipun Shakespeare pernah berkata apakah arti sebuah nama, bagi saya nama memiliki arti sendiri. Karena tanpa nama apalah kita, siapakah kita. Makanya pemilihan nama ini cukup penting.

Bahkan banyak yang bingung ketika memilih sebuah nama. Sayapun demikian. Namun ada beberapa tips agar bisa menentukan nama blog supaya memiliki filosofi tersendiri. Berikut tipsnya.

1. Gunakan nama sebagai nama blog.

Ini sering dipakai ketika kita membuat blog untuk pertama kali. Ya iyalah kita kan ingin membuat catatan pribadi untuk kita sendiri, wajar memilih nama blog menggunakan nama pribadi.

2. Menamai blog sesuai dengan tema blog

Jika masih bingung memberi nama blog, menamai blog sesuai dengan tema blog juga tidak ada salahnya. Misalnya tema blog saya adalah fiksi maka bisa saya beri nama fiksiwida hihihi.

3. Menggunakan singkatan

Menggunakan singkatan kadang juga menjadikan nama blog unik. Misalnya saja saya punya blog belajar matematika bersama, mungkin nama bemasa bisa disematkan.

Itu ya sejarah nama blog sekaligus tips singkat membuat nama blog, kali aja ada yang bingung ngasih nama blognya hihihi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar