Kamis, 22 November 2018

# Cerita # challenge

Apa yang Akan Kamu Temukan Di Sini?


Blog itu ibarat restoran, pasti punya menu-menu khusus sekalipun blog dengan tema general. Seperti blog saya ini. Apalagi kemampuan manusia itu kan terbatas nggak mungkin semua bisa dikuasai, begitupun dalam menulis. Menulis memang bisa apa saja namun kalau tidak benar bisa-bisa dituduh hoax

Ada satu tips menulis yang selalu saya pegang ketika menulis yaitu menulislah yang kamu kuasai. Dan benar menulis dengan tema yang kita kuasai itu mudah. Seperti masak, kalau kita sudah menguasai resepnya dijamin mudah dan jadi, dalam artian enak ya..... Nah di blog saya yang gado-gado ini sebenarnya juga bisa ditarik menjadi beberapa tema. Seperti filosofi statistik keteraturan dalam keacakan #tsaaahhh.

Jadi apa yang bakalan kamu temui di blog ini, alias tema yang saya sukai.

1. Review

Review adalah tema yang paling saya sukai. Karena tema ini adalah tema yang paling mudah. Saya cuma perlu sedikit riset ke website si empunya produk atau malah gak perlu sama sekali. Soalnya review ini kan tergantung dari sudut pandang kita terhadap sebuah brand maupun produk.

Yang sering saya review apalagi kalau bukan buku. Paling enak me-review buku, soalnya bisa menyedot perhatian orang-orang yang mungkin sedang haus akan bacaan hehehe. Selain buku kadang saya juga me-review produk lain seperti makanan, peralatan mandi dan sebagainya. Biasanya dari sini juga penghasilan mengalir hehehe.

2. Kisah inspiratif

Banyak kisah inspiratif yang bisa diangkat untuk dijadikan tulisan. Biasanya berdasarkan pengamatan dari kejadian sehari-hari. Bahkan kenangan masa lalu bersama orang tua juga bisa dijadikan kisah inspiratif. Tapi kebanyakan kisah inspiratif yang saya tulis banyak bumbu curhatannya hehehe. Habisnya inspirasinya datang dari situ, mudah-mudahan pada tersinpirasi ya....

3. Tutorial

Saya punya hobi crafting. Dulu waktu masih memiliki banyak waktu senggang saya sering posting tutorial mulai dari flanel, manik-manik dan perca. Kemudian seiring berjalannya waktu saya mulai memisahkan blog tutorial ini ke blog lain. Namun karena kesibukan di kantor blog tersebut juga jarang update hehehe.

4. Travelling

Sebenarnya saya bukan tipe orang yang suka jalan-jalan. Soalnya dari kecil saya memiliki daya tahan tubuh yang rendah jadi kalau capek sedikit langsung sakit hihihi. Tapi alhamdulilah dikaruniai anak-anak yang lincah dan bugar sehingga tiap akhir pekan selalu minta jalan-jalan. Bagus juga sih buat mereka karena mengajarkan banyak hal.

Pergi jalan-jalan juga tidak harus selalu jauh lho, cukup ke kolam renang dekat rumah juga sudah seru. Nah rasanya nggak afdol kalau keseruan ini tidak dibagikan. Lagipula sekalian pamer kalau di kampung kami juga ada destinasi wisata yang seru hihihi. Nggak mau kalah nih sama yang di kota.

5. Fiksi

Ini adalah tema awal blog ini terbentuk. Saya membuat judul Hawa Kematian untuk fiksi pertama saya di blog. Berkisah tentang Aya yang mampu merasakan kematian akan mendatangi orang terdekatnya. Hawa kematian yang dirasakannya cukup membuatnya tersiksa, kelam, sedih dan sakit. Ia ingin lepas dari hal itu tapi bagaimana caranya ia tak tahu. Dan bahkan sampai sekarang saya belum menamatkan fiksi ini. Duh minta ditabok manja nih wkwkwkwk.

Kemudian saya memilih menulis flash fiction untuk ditulis biar cepat tamat. Waktu itu semangat menulis flash fiction karena ikutan grup Monday Flash Fiction yang sekarang sedang hiatus. Namun akhir-akhir ini saya juga jarang nulis flash fiction di blog, seringnya kalau dapat inspirasi saya tulis di facebook karena ternyata ada yang menantikan flash fiction saya disana hahaha #sombong.

6. Parenting

Tema ini menjadi asyik untuk ditulis ketika sudah memiliki anak. Ya iyalah ya belajar langsung praktek. Jadi ketika menemui sebuah permasalahan parenting saya akan mencoba mencari jawabannya baik lewat google, buku ataupun nasehat dari orang-orang terdekat. Hasilnya jika manjur tentu saja akan saya bagikan versi saya. Tapi tema ini juga jarang saya update di blog ini. Sudah saya update di blog khusus parenting yang rencananya akan saya TLD kan juga. Mohon doanya ya Bu Ibu mudah-mudahan dilancarkan rezekinya. Amiinn.

Nah itulah beberapa tema yang suka saya tulis karena menurut saya tema tersebut mudah, tak perlu banyak riset karena kebanyakan pengalaman pribadi juga cepat membuatnya menjadi sebuah artikel. 

Kalau kamu sukanya nulis apa?

2 komentar: