Selasa, 30 Oktober 2018

# Cerita

5 Fakta Unik Sumpah Pemuda




Sumpah pemuda yang selalu diperingati setiap tanggal 28 Oktober ternyata memiliki fakta unik dibaliknya. Karena sebagai bangsa yang besar kita juga perlu tahu bagaimana sejarah hari sumpah pemuda, jangan ikut upacaranya doang tapi nggak dapat pelajaran di baliknya. Atau malah nggak tahu tanggal 28 Oktober adalah hari sumpah pemuda? Hehehe.

Ya udah deh daripada prolognya panjang lebar langsung kepoin aja yuk gaes fakta unik sumpah pemuda ini.

1. Tanggal Cantik
Nyadar nggak sih kalau hari lahirnya sumpah pemuda itu tanggal cantik. Yup tanggal 28 Oktober 1928. Ada tanggal 28 dan tahun 28, apa nggak cantik tuh? Mungkin udah pada jadi rebutan buat nikahan di hari tersebut ye....hehehe. 

2. Tanggal Kongres
Sebenarnya yang kita peringati sebagai hari sumpah pemuda saat ini merupakan tanggal dilaksanakannya kongres pemuda kedua pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Tanggal terakhir kongres inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari nasional yang bukan hari libur melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati sumpah pemuda.

3. Tidak ada istilah sumpah pemuda
Ikrar sumpah pemuda yang kita baca saat ini sebenarnya adalah hasil kongres. Sewaktu dirumuskan oleh M. Yamin, ikrar sumpah pemuda tersebut sebenarnya tak berjudul. Namun atas dasar Keppres No. 316 Tahun 1959 itulah ikrar yang dibacakan pada saat kongres pemuda II itu dinamakan Sumpah Pemuda.

4. Tempat Kongres di kontrakan
Fakta unik lainny adalah tempat yang digunakan saat kongres, yang sekarang lebih dikenal sebagai Museum Sumpah Pemuda awalnya adalah kontrakan sekaligus sebagai tempat gerakan kepemudaan.

5. Lagu Indonesia Raya diperdengarkan pertama kali
Lagu Indonesia Raya ternyata diperdengarkan pertama kali pada saat kongres ini. Lagu ciptaan WR Soepratman ini hanya diperdengarkan musiknya saja tanpa syair karena pada saat Kongres dikawal ketat oleh tentara Belanda.

Betapa kerennya pemuda zaman dulu ya, ditengah ketidakbebasannya namun tetap bisa melakukan hal yang luar biasa. Ayo pemuda Indonesia semangat!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar