Rabu, 08 Agustus 2018

# challenge # emaksuperboard

Monitoring Targetmu Dengan Matrik Monioring



Sejauh mana dirimu melangkah dalam mewujudkan mimpi? Apakah hampir sampai? Baru separuh jalan? Atau baru mulai melangkah?

Jangan sampai kita tidak tahu dimana posisi kita. Soalnya kalau tidak tahu posisi kita, kita juga akan bingung langkah apalagi yang harus ditempuh untuk mewujudkan impian.

Misalnya nih saya punya impian untuk menjadi penulis. Seseorang dikatakan penulis jika ia pernah membuat buku. Nah maka saya punya target untuk membuat buku dalam jangka waktu sebulan misalnya. Rata-rata jumlah halaman untuk sebuah buku adalah 150 halaman, maka sayapun mentargetkan 150 halaman dalam sebulan.

Jika metrik pencapaian mencatat target dan realisasi harian, maka matrik monitoring ini mencatat dalam kurun waku sebulan dengan evaluasi per minggu. Sehingga ada evaluasi tahap I-IV. Berikut rancangan Matrik Monitoring bulanan.





Sedangkan di bawah ini adalah contoh pengisian monitoring target bulanan. Dalam dreamboard saya menulis mimpi saya untuk menjadi penulis. Untuk disebut menjadi penulis saya harus menerbitkan minimal 1 buku. Saya akan mencoba menulis sebuah buku yang tebalnya 150 halaman selama sebulan. Maka rata-rata sehari saya harus menulis minimal 5 halaman. Target harian ini tertuang dalam Metrik Pencapaian. Kemudian jadwal menulis tertuang dalam Daily Activity.

Rancangan Matrik Monitoring ini memang sangat sederhana, tapi paling tidak bisa membantu kita mewujudkan impian kita. Kira-kira pantas tidak ya mendampingi superboard yang kece ini? Yah sebagai pelengkap gitu, untuk rekapitulasi target kita dalam sebulan.


Oya mau ngomongin lagi kalau target menulis selama sebulan itu belum merupakan pencapaian mimpi saya. Kenapa? Bukankah buku harus diterbitkan? Iyes alias bener. Maka bulan berikutnya di Matrik Monitoring saya harus menuliskan mengirim draft buku ke penerbit. Dijangka waktu juga ya….walaupun memang menerbitkan buku butuh waktu tidak hanya sebulan atau dua bulan, bisa jadi setahun. Yang penting selama proses penerbitan berlangsung sudah bisa mulai nyicil bikin outline buku kedua hehehe.

Semoga mimpi menjadi penulis segera menjadi nyata. Selamat berkarya.

#IndscriptCreative
#IndscriptWriting
#EmakSuperBoard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar