Jumat, 03 Agustus 2018

# challenge # emaksuperboard

Membangun Konsistensi Dengan Metrik





Saya merasa tertampar waktu mengikuti grup Dunia Nulis #1. Saya suka ngaku hobi nulis tapi ternyata saya tidak konsisten dalam menulis. Lihat kan blog saya ini yang saya pakai untuk menuliskan uneg-uneg saya updatenya tidak terjadwal. Setahun paling banter cuma ada 27 tulisan.

What?! 27 tulisan setahun?????

Hahaha malu banget deh, malu ngaku kalau saya blogger. Asli malu banget. Suka juga menantang diri tapi nggak pernah bisa menaklukkan tantangan. Seringnya mandeg di tengah jalan. Hingga suatu hari ada tantang One Day One Challenge dari Indscript. Alhamdulillah tembus bisa menaklukkan challenge dan mulai konsisten menulis. Dan tahu nggak ini adalah hari terakhir dari challenge tersebut!

Lalu bagaimana membangun konsistensi tersebut?

Ya dengan Metrik/Matrik. Saya buat matrik biasa saja sih seperti ini di google drive, supaya bisa diedit kapan saja. Dari sini target harian menulis saya adalah posting di fb minimal dua kali, posting di fb dengan tema flash fiction di weekend dan seterusnya. Saya beri checklist ketika saya sudah selesai melaksanakannya. Jika belum ya kasih tanda silang jika harinya sudah lewat.


Dengan matrik seperti itu saya merasa sangat terbantu. Apa saja sih yang harus saya tulis hari ini? Atau sosial media mana yang belum saya sentuh hari ini? Dan dengan matrik tersebut rasanya jadwal menulis menjadi teratur meskipun yah ada beberapa yang belum bisa konsisten ya masih di silang terus hihihi jadi malu.

Ah ribet harus pake koneksi internet gitu, ogah ah yang ada habis paket ntar.

Hehehe, nggak usah bingung soalnya sekarang sudah ada yang namanya papan Metrik Pencapaian. Nggak harus pakai koneksi internet, pakai koneksi hati dan pikiran saja hihihi. Tinggal tulis target dan realisasinya setiap hari. Asyik kan? Dan papan ini nggak cuma bisa dipakai sekali lho tapi berkali-kali. Soalnya bisa dihapus, asal nulisnya nggak pakai spidol permanen ya….


Terus kalau ada teman yang mupeng sekalian aja suruh beli dan emak dapat fee dari penjualan board ini. Yuk simak infonya di channel ini ya https://t.me/ModalSukses300Ribu



Selamat membangun konsistensi, semoga sukses.


#indscriptwriting, #indscriptcreative, #emaksuperboard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar