Selasa, 31 Juli 2018

# challenge # emaksuperboard

Reward Untuk Bocah


Siapa sih yang tidak suka diberi reward? Jangankan anak-anak orang dewasa seperti kita juga suka kali ya. Dan lagi reward ini pastinya akan membuat kita termotivasi dan lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan. Begitupun untuk bocah, supaya dia termotivasi dan lebih bersemangat sekolah maka saya juga terapkan sistem reward ini untuknya. Belum tahu juga sih dampak buruk yang ditimbulkan tapi sejauh ini sekolah aman refreshing juga aman.

Mula-mula saya memberinya target. Berhubung dia belum bisa membaca dan ada hafalan yang harus diingat setiap hari maka saya membuat target kecil-kecilan. Yang pertama adalah membaca, jika dia bisa membaca beberapa kata sederhana dalam buku pelajarannya maka akan saya beri hadiah berupa uang tabungan. Sedangkan untuk hafalan jika selesai satu surah maka rewardnya adalah jalan-jalan di akhir pekan.

Alhamdulillah anak cukup termotivasi dan semangat dalam belajar. Yah meskipun di sekolah masih sering ngambeg. Mudah-mudahan seiring berjalannya waktu ngambegnya bisa hilang. Berproses itu memang tidak instan.

Nah untuk memantau target-targetnya saya harus mengevaluasinya setiap hari. Misalnya untuk hafalan saya targetkan satu haru satu surat, mungkin akan ditingkatkan seiring pertambahan umurnya. Jadi setiap minggu dia harus hafal lima ayat. Sejauh ini masih dalam koridor, dalam artian dia masih bisa menghafalkan lima ayat per minggu walaupun kadang masih ada yang lupa, namun jika diingatkan langsung nyambung. Dan dengan pengulangan setiap hari maka lama-lama juga akan lancar.

Kelihatannya ribet ya? Tapi jika menggunakan Metrik Pencapaian ini sangat mudah lho memantau hafalan anak. Yup tinggal tulis saja berapa target hafalan untuk anak dalam sebulan dan membreakdownnya per hari. Pantau terus setiap hari. Jangan sampai orang tua lengah dan anak menjadi tidak terkontrol perkembangan akademisnya. Kalau tidak terkontrolnya lebih maju daripada sekolah sih nggak papa. Takutnya kalau dia ketinggalan hafalan di kelas, kan kasihan.

Metrik pencapaian ini memiliki dua teman lain yaitu dreamboard dan daily activity. Mereka ini sepaket bernama superboard. Selain bisa digunakan sendiri, superboard ini juga bisa dipasarkan dengan modal tiga ratus ribu saja. Nggak percaya? Nih sini lihat deh penjelasannya di channel berikut https://t.me/ModalSukses300Ribu.


Semoga bermanfaat

#indscriptwriting, #indscriptcreative, #emaksuperboard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar