Jumat, 13 Juli 2018

# challenge # tips

Pantau dan Evaluasi Target dengan Metrik Pencapaian


Target yang telah disusun tidak aka nada artinya apabila tidak disertai pemantauan dan evaluasi. Karena tanpa pemantauan dan evaluasi, kita tidak akan pernah tahu sejauh mana target kita berada.

Misalnya kita memiliki target penghalisan dua puluh juta per bulan. Maka dalam satu hari berapa yang harus kita dapatkan? Misal hari kerja dalam sebulan adalah dua puluh hari. Maka 20 juta dibagi 20 hari sama dengan 1 juta per hari. Target 1 juta per hari kita tuliskan dalam Metrik Pencapaian hari ini.

Esoknya kita evaluasi apakah target tecapai? Misalnya tidak, dari target satu juta kita hanya mendapatkan 750 ribu. Tidak apa-apa, berarti target kemarin kurang 250 ribu. Maka 250 ribu ini kita tambahkan dalam target hari ini. Anggap ini sebagai utang target ya. Jadi target kita hari ini satu juta dua ratus lima puluh ribu (1.250.000). Begitu seterusnya jika target tidak tercapai maka jadikan utang dan tambahkan di target hari berikutnya.

Bagaimana jika realisasi melebihi target? Apakah target hari ini berkurang? Jika realisasi melebihi target misalnya kemarin kita mendapatkan 1,5 juta tidak kemudian mennjadikan target hari ini berkurang. Target hari ini tetap 1 juta. Nanti diakumulasikan di hari ke dua puluh apakah target bulanan kita tercapai atau tidak. Jika tercapai maka bisa kita naikkan target bulan berikutnya. Jika target tidak tercapai maka evaluasi lagi apakah masih ada yang salah dengan cara kita.

Metrik Pencapaian ini apakah hanya untuk memantau dan mengevaluasi target bisnis?

Tentu saja tidak. Metrik pencapaian ini selain dihgunakan untuk bisnis bisa juga untuk target kesehatan, target ibadahm target menulis dan sebagainya.

Misalnya target menulis kita 1 buku per bulan, dalam 1 buku kira-kira 150 halaman. Jika hari kerja kita 20 hari maka dalam 1 hari kita harus menulis sebanyak kira-kira 8 halaman. Caranya sama dengan contoh sebelumnya. Jika target tidak tercapai jadikan hutang, jika lebih maka target harian tetap.

Untuk lebih jelasnya bisa saksikan video dari Teh Indari berikut. Bagaimana caranya menggunakan Metrik Pencapaian ini.



Bagaimana mudah bukan cara menggunakan Metrik Pencapaian ini? Metrik ini bukan hanya bisa menjadi alat kita untuk memantau dan mengevaluasi target kita saja tapi juga target teman-teman kita alias menjadi bisnis. Bagaimana caranya? Silakan bergabung di channel berikut ya https://t.me/ModalSukses300Ribu.


Semoga bermanfaat.


#indscriptwriting
#indscriptcreative
#emaksuperboard


Tidak ada komentar:

Posting Komentar