Senin, 09 Juli 2018

# Cerita # tips

Mengejar Mimpi dengan Target


Masih bahas mimpi ya… Memang hal yang yang satu ini bakalan panjang kalau dibahas. Rasanya juga nggak afdol setelah menyusun mimpi terus nggak dibahas bagaimana cara mencapainya. Disini saya banyak belajar dari The Indari Mastuti founder dan CEO Indscript Creative.

Nah seperti yang sudah dibahas di postingan sebelumnya, untuk mencapai mimpi diperlukan target dan ukuran yang jelas. Misalnya nih saya punya mimpi untuk berangkat umroh tahun depan. Dari sekarang saya sudah harus menghitung berapa pengeluaran yang saya perlukan untuk berangkat umroh plus perkiraan inflasi ya, takutnya tahun depan biayanya nambah.

Dari hasil googling saya dapatkan bahwa untuk umroh dengan fasilitas VIP adalah sebesar Rp. 28 juta. Dari biaya ini saya bulatkan menjadi Rp 40 juta, ini sebagai tambahan mana tahu harga naik, uang saku dan biaya oleh-oleh.

Wah banyak ya darimana dapat biaya sebanyak ini dalam waktu setahun?

Tenang… kita bisa mencoba menabung untuk mewujudkan impian ini. Nah agar tidak terlalu berat yuk kita coba mem-breakdown nya per bulan hingga per hari.

Pertama kita bagi dulu 40 juta/tahun tadi menjadi bulan jadi 40 juta dibagi 12 kita dapatkan sekitar 3,3 juta. Dibulatkan saja menjadi 3,5 juta ya. Kemudian bagi lagi ke dalam hari. Misalnya sebulan kita anggap 20 hari kerja maka kita dapatkan 175 ribu per hari. Itu yang harus disisihkan per hari agar tahun depan kita bisa berangkat umroh.

Target ini harus dipantau agar kita tahu sampai mana progress target kita. Misalnya hari pertama kita tidak bisa menabung sebanyak 175 ribu tapi hanya 100 ribu. Nah sisi 75 ribu ini harus dimasukkan ke target hari berikutnya sehingga hari kedua target kita bertambah 175+75 = 250. Sehingga hari kedua kita harus menabung sebanyak 250 ribu rupiah. Jika target tidak tercapai lagi maka kekurangannya harus ditambahkan.

Pencatatan ini yang kadang kita males ya… Nah kabar baiknya indscript punya solusi mudah untuk pengisian matriks pencapain ini. Template sudah ada tinggal isi menggunakan spidol, bisa dipakai ulang juga lho tiap bulan. Pokoknya praktis banget.

Eh iya masih ada kesempatan ya untuk ibu-ibu yang ingin punya bisnis modal tiga ratus ribu dari berjualan superboard silakan ya bergabung ke channel berikut https://t.me/ModalSukses300Ribu.

#indscriptwriting
#indscriptcreative
#emaksuperboard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar