Selasa, 24 Juli 2018

# challenge # emaksuperboard

Mengatasi Hambatan Dalam Menulis

Banyak oran termasuk saya memiliki hambatan ketika menulis. Hal ini mengakibatkan impian menjadi penulis tidak segera menjadi nyata. Apa saja hambatan tersebut dan bagaiamana cara mengatasinya?

1. Tidak ada Ide

Banyak yang tidak segera menulis karena tidak memiliki ide. Padahal ide bisa digali dari kejadian sehari-hari yang kita lakukan. Misalnya habis makan enak. Pengalaman tersebut bisa lho dituangkan dalam tulisan. Atau bagi ibu-ibu yang memiliki pengalaman tentang pengasuhan anak bisa juga menuliskannya.

Jangan lupa ide juga harus dicacat. apalagi ketika ide banyak bermunculan namun belum bisa segera kita realisasikan. Catatab ide ini bisa digunakan sebagai bank ida jika suatu saat kita merasa kehabisan ide.

2.  Mentok

Ah susah banget ya mau nyelesein satu tulisan, suka mentok, mandeg nggak tahu mau nulis apalagi.

Hehehehe saya juga gitu suka mentok. Kalau hal tersebut terjadi coba rileks dulu. Kemudian cari referensi yang mendukung tulisan kita. Dengan begitu biasanya akan muncul gagasan baru karena kita memiliki bahan atau sumber inspirasi.

Yuk coba buka tulisan-tulisan lama yang tidak selesai. Coba cari bahan atau sumber inspirasi untuk menyelesaikannya.

3. Tidak konsisten

Ini yang paling sering dialami. Tidak konsisten. Menulis belum dijadikan rutinitas hanya sekedar hobi yang waktunya pun harus dicari-cari kapan luangnya. Padahal kalau kerjaan sudah seabreg ya nggak bakalan punya waktu luang. Kala sudah begini kapan nulisnya ya?

Supaya bisa konsisten menulis tentu saja harus buat yang namanya TARGET. Nggak perlu lama atau banyak menulis lima menit sehari juga boleh atau sehari 200 kata juga tidak masalah asalkan konsisten.

Nah untuk mengawal konsistensi ini kita bisa menggunakan Matrik Pencapaian untuk membuat target dan mengevaluasinya. Target harian harus dievaluasi setiap hari. Jika target tidak tercapai maka jadikan hutang target untuk hari berikutnya.

Baca: Pantau dan Evaluasi Target Dengan Metrik Pencapaian

Metrik Pencapaian ini memiliki teman yang namanya Dreamboard dan Daily Activity yang disebut Superboard. Selain dipakai sendiri bisa juga dijadikan bisnis. Silakan intip disini ya https://t.me/ModalSukses300Ribu.



Itulah cara mengatasi hambatan dalam menulis. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat Menulis.

#indscriptwriting
#indscriptcreative
#emaksuperboard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar