Jumat, 11 Mei 2018

# piknik # review

Wisata Edukasi ke Polkam Training Center

Beberapa waktu lalu berkesempatan berkunjung ke POLKAM Training Center bersama bocah. Kebetulan acara dari TK, awalnya nggak mau ikutan tapi pas lihat pengumuman dari sekolah jadi tertarik karena ada materi pembuatan sabun disitu. Dan akhirnya ikutlah si mamak ini sama bocah.

Apa itu POLKAM?

Eh iya dari tadi ngomongin POLKAM tapi belum dijelasin POLKAM itu apa. POLKAM merupakan singkatan dari Politeknik Kampar salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Kampar. Kampus ini memiliki empat jurusan antara lain Teknik Pengolahan Sawit, Teknik Informatika, Perawatan dan Perbaikan Mesin serta Admiistrasi Bisnis Internasional.

Lanjut ya.... Jadi sampailah kami di POLKAM Training Center menggunakan mobil jemputan dari POLKAM. Pertama-tama anak-anak dikenalkan dengan Ropipo kepanjangan dari robot pintar polkam. Robot ini cuma bisa berjalan di area yang berwarna hitam. Jadi kalau di area berwarna putih atau coklat robot tetap hidup tapi tidak bisa berjalan.

Kemudian edukasi dilanjutkan dengan menanam sawit. Menanam sawit yang baru berumur 3 bulan. Senangnya anak-anak bisa memegang tanah. Kata trainernya sawit ini akan mulai berbuah pada tahun ke tiga. Ketika anak-anak ditanya apakah mau kembali lagi setelah tiga tahun. Mereka semua menjawab mau hahahaha. Setelah itu mereka mencuci tangan dan masuk ke ruangan berikutnya.


Ruangan yang satu ini cukup menarik perhatian saya. Ada banyak tabung-tabung laboratorium, ada mikroskop, dan banyak lainnya. Pertama-tama anak-anak disuruh berbaris kemudian satu persatu secara bergiliran melihat ke dalam mikroskop. Para trainer memperkenalkan itulah kuman yang tidak nampak jika dilihat dengan mata. Si Sulung senang sekali dan asal ada kata kunci kuman dia akan mengenang momen dimana ia melihat kuman di mikroskop hehehe.


Setelah itu anak-anak diperkenalkan dengan tempat sampah otomatis. Tempat sampah ini akan terbuka secara otomatis ketika kita akan membuang sampah. Anak-anak jelas saja suka dan malah bermain di dekat tempat sampah tersebut. Setelah itu anak-anak juga dikenalkan dengan lampu yang bisa dihidupkan dan dimatikan dengan remote.

Bagi anak-anak itu sangatlah menarik. Bagi saya menjelajahi ruangan tersebut juga sangat menarik. Di dinding terdapat dua gambar tentang pengolahan sawit. Yang pertama pengolahan sawit zaman old dan satu lagi pengolahan sawit zaman now. Ada juga barang-barang lain seperti alat pemecah kelapa dan durian yang tidak sempat saya foto.

Kemudian setiap anak diberikan sebuah sabun dan plastik pembungkusnya. Mereka di ajari membungkus sabun itu dalam plastik. Hihihi lucu lihat anak-anak yang kebingungan tapi akhirnya bisa juga. Sayangnya cara membuat sabun memang benar-benar tidak dibahas disini (padahal pengen nyimak).

Di sesi terakhir anak-anak diperkenalkan dengan drone. Sangat heboh mereka mengejar drone yang diterbangkan rendah tinggi. Lihat saja videonya.

Dan seperti hari biasa setiap kegiatan di sekolah selalu ditutup dengan acara makan bersama dan berdoa. Maka kali inipun disesi terakhir juga makan-makan kemudian baris pulang.

Pas ditanya senang atau tidak rupanya si Sulung sangat senang luar biasa. Sayapun juga senang karena sedikit banyak telah menambah ilmu persawitan. Semoga ada wisata edukasi lain yang bisa kami kunjungi suatu saat nanti. Oya pulangnya kami membawa sabun warna warni hasil buatan dari Polkam Training Center lho....


2 komentar:

  1. Wah seru sekali dan sangat mengedukasi ya mbak...jadi pengen juga :)

    BalasHapus