Minggu, 11 Maret 2018

# buku # review

Temukan Hewan Favoritmu di Ensiklopedia Junior Hewan Pemecah Rekor

Judul Buku: Ensiklopedia Junior Hewan Pemecah Rekor

Konsep dan Teks: Emilie Beaumont

Ilustrator: Marie-Christine Lemayeur, Bernand Alunni, Sandra Smith-Shopie Surber, MIA: Cinzia Antinori, dan Lucia Brunelli

Pengalih Bahasa: Airin Miranda

Penyunting: Gabriella Felicia

Re-Desain: Aditya Ramadita


Tahu nggak sih kalau ternyata setelah telur-telurnya menetas perlahan-lahan gurita akan mati? Begitupun ikan salmon setelah bertelur ikan-ikan salmon tidak dapat bertahan hidup. Mau tahu kenapa? Jawabannya ada di buku ini Ensiklopedia Junior Hewan Pemecah Rekor.

Tidak hanya membahas tentang gurita dan salmon saja. Dalam buku ini membahas hampir ratusan hewan yang ada di dunia yang dibagi ke dalam lima bab. Bab tesebut antara lain Hewan-hewan yang hidup di air, Mamalia, Reptil dan Kodok, Serangga dan Archnida, serta Burung.

Membuka tiap lembarannya tidak akan membosankan. Karena tiap halaman kita akan disuguhi banyak ilustrasi menarik dan full color. Tentu saja karena buku ini memang ditujukan untuk anak-anak, tapi orang tua juga tidak ada salahnya ikut membaca karena banyak pengetahuan di dalamnya.

Lalu apa hubungannya gurita dan ikan salmon dengan pemecah rekor?

Hehe, saya kasih bocoran sedikit ya...

Jadi menurut penulis, gurita mendapatkan julukan ibu yang paling perhatian. Kenapa? Karena gurita rela mengorbankan dirinya demi menjaga telurnya. Telur-telur itu dijaganya dengan lengan-lengannya agar tidak dimakan ikan disekelilingnya. Gurita juga membersihkan dan menyirami telur-telurnya secara teratur. Ketika menetas gurita sudah kehilangan hampir setengah dari bobotnya dan kelelahan. Kemudian dia akan tinggal di gua dan mati secara perlahana-lahan.

Kasihan ya....

Selama ini kita mengenal gurita sebagai monster, padahal dia adalah ibu yang paling Te O Pe. 

Sedangkan salmon adalah satu-satunya ikan yang hidup di air tawar dan air laut. Pada masa reproduksi salmon akan kembali ke sungai tempat kelahirannya. Perjalanannya jelas tidak mudah. Bayangkan mereka melawan arus, menerjang air terjun dan sebagainya. Hal ini membuat perjalanan ikan salmon sungguh melelahkan. 

Ketika sampai di sungai ikan salmon akan bereproduksi walau dalam keadaaan lelah. Biasanya mereka tidak akan bertahan hidup. Sementara itu anak salmon yang baru menetas akan memakan membran telur mereka. Setelah dua tahun mereka tinggal di sungai mereka akan bergerak ke lautan dan berkembang dewasa di sana. Setelah itu mereka akan kembali ke sungai untuk reproduksi.

Sungguh perjalanan yang luar biasa ya...

Itu baru dua spesies lho. Padahal seperti yang sudah disebutkan tadi, ada ratusan hewan di bahas dalam buku ini. Ada burung kukuk yang jahat, ada ular dan rubah yang jago akting, dan hewan kesayangan kita kerbau masuk dalam buku ini juga lho sebagai pemegang rekor tanduk-tanduk yang mengesankan.

Emak-emak kayak saya aja kecanduan baca buku ini apalagi anak-anak ya....


8 komentar:

  1. Masya Allah...kalau salmon saya sudah sering dengar ceritanya Mbak..Kalau gurita baru tahu nih..kemana saja saya yaa hahaha
    Buku yang edukatif nih. Menarik lagi tampilannya..Makasih sudah membagikan reviewnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak salmon sudah populer ya... Gurita ini yang sering jadi antagonis di film anak-anak padahal gurita mengorbankan dirinya untuk generasi penerusnya

      Hapus
  2. Waaahh, buku kayak gini bisa jadi favorit anak saya nih, dia suka banget baca tentang hewan-hewanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan nih mbak untuk nambah referensi pengetahuan

      Hapus
  3. Saya suka menonton siklus kehidupan salmon ini di NAtGeo atau Animal Planet. terus terang haru dengan perjuangannya. Apalagi masih harus menjadi buruan beruang ketika menuju ke sungai. Anak-anak suka terharu kalau diajak nonton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salmon ini memang unik ya.... perjuangannya juga luar biasa

      Hapus
  4. Terima kasih review-ny kak PW. ☺️

    BalasHapus