Rabu, 29 November 2017

# lomba # review

Bermain Asyik dengan So Good CERDIK

"Buk ceritain yang ini." Rengek si Sulung tiap kali melihat tumpukan bukunya. Dan biasanya akan diikutin oleh rengekan si Tengah dan kemudian si Bungsu juga ikutan nimbrung. 

Seru, asyik dan menyenangkan bisa sering-sering melakukannya dengan para bocah. Namun saya tidak bisa setiap hari melakukannya, karena pekerjaan rumah tangga banyak sekali yang harus diselesaikan. Jadilah Bapaknya anak-anak yang menggantikan bercerita. Tapi terkadang si Bapak protes karena membacakan satu buku berkali-kali atau anak-anak malah membuat buku-buku jadi berantakan. 
Anak-anak berkerumun minta diceritain menggunakan aplikasi So Good CERDIK

"Duh capek Bu, anak-anak minta diulang-ulang terus ceritanya, yang bacain capek bosan pula ceritanya itu-itu saja." Keluh suami ke saya. Saya cuma tertawa, mau bagaimana lagi namanya juga anak-anak hihihihi.
Pencet pencet

Nah beberapa waktu lalu (sudah lama sih), tidak sengaja saya menemukan informasi dari webnya KEB tentang So Good CERDIK. Saya pikir aplikasi ini mirip dengan aplikasi game anak-anak yang harus scan kartu segala macam. Tapi ternyata saya salah. Aplikasi ini ternyata bukan game tapi merupakan aplikasi dongeng. Wah pas banget nih, pikir saya.

Cerita apa lagi ya?

Tanpa pikir  panjang carilah saya produk so good yang ada kartunya, tak lupa saya juga mendownload aplikasi So Good CERDIK di Smartphone saya. Setelah saya baca CERDIK itu ternyata singkatan lho, yaitu Cerita Digital Interaktif.

Tunggu episode berikutnya ya...

Pas saya perkenalkan pertama kali aplikasi ini pada anak-anak, mereka sangat antusias. Dan seperti biasa kalau dibacain cerita, kali inipun dengan aplikasi So Good CERDIK ceritanya minta diulang-ulang terus. "Lagi Bu, lagi..." Kata mereka.

Bagaimana menggunakan aplikasi So Good CERDIK?

Aplikasi So Good Cerdik ini juga cukup mudah digunakan. Setelah diinstal di smartphone dan aplikasi dibuka maka akan muncul empat menu yaitu Mulai, Resep, Pengaturan dan Bagikan ke media sosial. 
Menu So Good CERDIK
Menu mulai digunakan untuk memulai bercerita dengan men-scan kartu So Good CERDIK. Setelah kartu di scan klik mulai cerita untuk memulai cerita, jangan lupa untuk mematikan fungsi AR. Kenapa? Sebab jika fungsi ini tidak dimatikan kita harus terus-terusan men-scan kartu sampai ceritanya habis, tapi jika menonaktifkan fungsi AR maka setelah discan cerita akan diteruskan hingga ceritanya habis untuk satu sesi tanpa perlu terus-terusan scan kartu atau membaca tanpa frame.

Pilih sesuai dengan kartu/frame yang kita miliki


Waktu pertama kali mencoba, karena tidak tahu, fungsi AR ini tidak kami matikan. Maka ketika si bocah menggoyang badan saya atau memegang kartunya maka cerita akan terhenti, baru kemudian scan lagi lanjut cerita lagi begitu seterusnya. Berbeda kalau kita matikan fungsi AR ini maka sekali scan cerita tidak akan terputus sampai berakhir. Tapi untuk memulai cerita kembali tetap harus scan kartunya terlebih dahulu ya. 
Jangan lupa matikan fungsi AR, klik tombol Mulai Cerita untuk memulai cerita

Tampilan setelah di scan, jangan lupa klik tombol panah untuk membalik halaman

So Good CERDIK ini terdiri dari tiga cerita yaitu Lala dan Singsing, Umbo Larange, dan Chika dan Chiko. Masing-masing cerita terdiri dari empat seri jadi totalnya ada dua belas kartu yang harus di kumpulkan.

Aplikasi ini tidak hanya untuk anak-anak lho, ada menu resep untuk menampilkan resep-resep pilihan dengan menggunakan bahan utama produk So Good. Pastinya menu ini sangat bermanfaat bagi orang tua untuk membuatkan menu-menu makanan para bocah yang lebih bervariasi. Resep ini akan muncul setelah kita men-scan kartu tadi, jadi sekali scan untuk dua menu yaitu Mulai dan Resep. Bedanya untuk menu mulai, setiap kali mulai bercerita harus diawali dengan scan kartu dulu sedangkan resep hanya perlu sekali scan kartu. 
Saya sudah scan dua cerita yaitu Umbo Larange part 1 dan Chika dan Chiko part 1 makanya tampilan menu resep seperti ini 
tampilan resep

Untuk menu pengaturan berisi pengaturan suara, musik dan subtitle. Mau seberapa besar volume suara dan musik bisa diatur di menu ini. Ini berguna ketika orang tua ingin menceritakan sendiri cerita dari kartu-kartu So Good CERDIK ini. Matikan suara (musik bisa tetap dihidupkan) dan orang tua bisa bercerita berdasarkan subtitle yang ada. Atau suara musiknya mengganggu dan terlalu keras? Atur saja ya. Pun jika kita tidak ingin ada subtitle di cerita ini cukup geser tombolnya.

Menu Pengaturan
Menu terakhir adalah menu bagikan ke media sosial, menu ini berguna untuk membagikan link aplikasi ini di google play di akun sosial media yang kita miliki. Bisa WA, Facebook, SMS, Telegram dan lainnya.

Aplikasi ini menurut saya juga sangat bermanfaat bagi kami sekeluarga diantaranya:
  1. Membantu orang tua bercerita/mendongeng untuk anak. Bayangkan betapa capeknya orang tua ketika anaknya meminta diulangi cerita hingga sepuluh kali hehehe. Jadi aplikasi ini cukup membantu, tinggal scan dan biarkan aplikasi yang membacakan ceritanya.
  2. Praktis dan hemat tempat. Kartu So Good CERDIK bisa dibilang buku digital, jadi penyimpanannya cukup praktis dan hemat tempat tidak seperti buku pada umumnya yang butuh rak.
  3. Waktu bermain smartphone bisa dijadikan ajang bermain bersama. Biasanya ketika saya memegang kartu So Good Cerdik ini, anak-anak akan berkumpul semua mendekati saya. Si Sulung dan si Tengah yang biasanya rebutan smartphone kini akur duduk bersama, ya walaupun kadang-kadang mereka rebutan untuk mencet. Tapi hal ini bisa sekaligus dijadikan ajang untuk belajar bersosialisasi.
  4. Resep yang ada di dalamnya sangat bermanfaat bagi orang tua untuk menyajikan menu yang bervariasi dari produk So Good.
Nah asyik kan, selain pengoperasiannya yang mudah So Good CERDIK juga memiliki banyak manfaat bagi keluarga kami. Belum koleksi kartunya? Yuk mulai berburu koleksinya dan nikmati waktu seru bersama para bocah. 

Mau tahu lebih banyak tentang So Good bisa intip disini ya http://www.sogood.id/

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Foto Bercerita So Good Cerdik

4 komentar: