Senin, 12 Juni 2017

Tantangan Menulis

Menulis merupakan sebuah tantangan untuk melawan kemalasan. Malas membaca, malas berfikir, malas mencari ide dan malas menulis itu sendiri. Namun jika ingin konsisten menulis, anda bisa mengikuti beberapa pilihan tantangan menulis berikut ini.

1. Nanowrimo

Tiap tahun nanowrimo selalu menyelenggarakan tantangan menulis novel minimal sepuluh ribu kata. Bagi yang berhasil menaklukkannya akan mendapatkan lencana. Biasanya event ini diselenggarakan di bulan November. Jadi yang mau ikutan bisa persiapkan outline novelnya dari sekarang, mana tahu nanti bisa diterbitkan


Website Nanowrimo bisa diakses dengan url http://nanowrimo.org. Silakan daftar dulu jika ingin menjadi bagian dari nanowrimo.

2. Monday Flash Fiction

Grup ini digawangi oleh Mak Carolina Ratri. Setiap senin akan dilempar prompt Flash Fiction dengan tema tertentu, setiap rabu member juga diminta untuk membuat puisi yang menggunakan kata yang telah ditentukan dan setiap kamis akan dilempar Flash Fiction hari kamis yang juga memiliki syarat menggunakan kata yang telah ditentukan.

Untuk Monday Flash Fiction biasanya rentang waktunya seminggu (hingga prompt baru digelar). Sedangkan Rabu berpuisi biasanya deadline di hari kamis jam 12 siang. Untuk FF Kamis deadline sebelum pukul 12 malam.

Jika tertarik ikutan bisa intip blognya disini http://mondayflashfiction.blogspot.com/ atau bergabung di grup facebooknya disini

3 KMO (Kelas Menulis Online)

KMO biasanya memiliki program kelas menulis online gratis. Ada beberapa materi dan tugas yang akan diberikan. Di program kelasnya juga berlaku sistem gugur, siapa tidak absen atau tidak mengerjakan tugas poinnya akan dikurangi, dan jika poinnya nol maka dengan terpaksa peserta dikeluarkan. 

Jika lulus para peserta akan diberikan tantangan untuk menulis selama 30 hari berturut-turut di website sarapankata.com dan harus satu tema. Tujuannya adalah agar apa yang kita tulis selama 30 hari tersebut bisa dibukukan.

4. Nulisbuku Community

Ini grup di facebook juga, ada tantangan menulis random selama sebulan penuh di bulan juni tiap tahunnya. Saya baru ikutan tahun ini. Aturanya bebas tidak ada minimal kata maupun tema. Tempat menulis pun bebas boleh di blog, fb notes dan lainnya. 

Kalau mau ikutan boleh bergabung di grup ini https://www.facebook.com/groups/Nulisbuku/ .


Ikut juga di komunitas-komunitas berikut ini untuk menambah ilmu, teman dan menambah tantangan. 

1. Kumpulan Emak2 Blogger

Disini tempat ngumpulnya para emak-emak blogger. Grup ini digawangi oleh Mak Mira Sahid. Di grup ini kita bisa sambil blogwalking membaca tulisan para emak yang dibuat di blognya. Ada juga info tentang lomba menulis dan ilmu seputar kepenulisan.

Silakan bagi yang ingin gabung di grup nya dengan link berikut https://www.facebook.com/groups/KumpulanEmak2Blogger/

2. Ibu-Ibu Doyan Nulis-Interaktif

Grup ini dibuat oleh Mak Indari Mastuti dan sekarang diketuai oleh Mak Widyanti Yuliandari. Ada banyak tulisan seru disini, dan disisipi sharing tentang kepenulisan baik oleh Teh Iin maupun yang lainnya. 

Jika ingin bergabung klik link ini ya https://www.facebook.com/groups/ibuibudoyannulis/


Yuk ah kita taklukkan tantangan menulis ini. Menulis setiap hari dan jadikan menulis sebagai kebutuhan.

8 komentar:

  1. wahh banyak banget sebenarnya tantangan menulis yang bisa kita ikuti
    tapi kadang aku cuma bisa ikut beberapa mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kadang menyesuaikan dengan waktu kerja

      Hapus
  2. Banyak banget grup menulis ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, itu belum semua masih lebih banyak lagi

      Hapus
  3. Aku beberapa tau mbak yg di atas, tai lbh cenderung menulisnya non fiksi nih drpd fiksi, meski dulu2 sempet bikin cerpen. Kl sekarang, kayaknya perlu semedi dulu, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....saya juga prefer ke non fiksi sekarang mbak...tapi ngefiksi masih juga sih

      Hapus
  4. Salut sama mbak deh ikutan komunitas / grup nulisnya banyak gini hehehe keren. Boleh dong diajari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh saya sih bukan apa-apa dalam dunia tulis menulis mbak....

      Hapus