Sabtu, 17 Juni 2017

# Obrolan

Memanfaatkan Halaman Rumah Sebagai Tempat Beramain yang Aman untuk Anak

Tempat bermain anak kian hari kian sempit. Dulu saat saya masih kecil saya masih bebas bermain di halaman rumah baik rumah sendiri maupun rumah tetangga. Saat ini semakin banyaknya jumlah penduduk mengakibatkan lahan semakin sempit dan ruang bermain pun terbatas.

Pemerintahpun mulai membuat alun-alun, taman kota dan sejenisnya untuk memenuhi tuntutan ruang bermain bagi anak. Tapi bagi saya sendiri bermain di rumah lebih aman dan menyenangkan. Selain hemat biaya tentunya, karena taman kota di daerah kami berisi mainan yang harus disewa, kalau rame-rame perginya lumayan menguras kantong hehehe.

Alhamdulillah masih rumah orang tua masih memiliki pekarangan yang luas sehingga anak-anak masih bisa bermain dengan bebas. Bahkan teman-temannya yang notabene masih sepupu sendiri pun juga ikutan main bersama.


Bermain di halaman rumah memang lebih aman karena kita bisa mengawasi langsung kegiatan anak-anak. Selain itu anak-anak akan lebih kreatif memanfaatkan barang-barang yang ada di pekarangan sebagai bahan tambahan permainan mereka. Yang ketiga keamanan lebih terjamin karena tidak ada orang asing yang bebas keluar masuk.

keseruan mereka bermain
Seru melihat anak-anak yang masih bisa bermain di luar ruangan di zaman ketika kebanyakan anak senang memainkan gadget. Selain menjauhkan anak-anak dari gadget juga bisa mengajarkan sosialisasi pada mereka dengan bermain bersama.

Selain banyak kelebihan bermain di luar ruangan ada hal-hal yang harus diwaspadai. Yang utama adalah masalah kebersihan. Mengingat mereka bermain di luar tanpa alas kaki dan bermain pasir maka paling tidak anak-anak harus cuci tangan dan kaki sebelum makan atau sekalian mandi kalau sudah sore. Yang kedua membersihkan mainan yang mereka pakai karena biasanya malam hari mainan tersebut masih digunakan di dalam rumah.

Keceriaan anak-anak merupakan hal yang utama bagi orang tua. Masih bersyukur di zaman yang serba canggih ini anak-anak masih bisa bermain di luar dan berani kotor. Selamat bermain anak-anakku.


9 komentar:

  1. waaa. . serunya main di halaman rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, lihat mereka seru dan asyik main gak jadi saya marahin kotor-kotoran begitu... habis main langsung pada mandi

      Hapus
  2. Seru ya kalau punya halaman, jadi mupeng:(

    BalasHapus
  3. Seru ya kalau punya halaman, jadi mupeng:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ini di rumah ortu, kalau rumah kami sendiri halamannya gak begitu luas sih.

      Hapus
  4. Senangnya luas sekali halamannya😍

    BalasHapus
  5. Senangnya luas sekali halamannya😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu nyampur halaman tetangga mbak...kebetulan tanah kosong depannya dipakai bengkel jadi anak-anak biasa main disitu :)

      Hapus
  6. Senang Mba kalau punya halaman rumah. Saya sehari-hari di apartment, jadi kalau main di taman bersama gitu. Lebih ngga enak sih karena berbagi dengan berapa ratus orang haha. Kalau pulang ke rumah orangtua baru ada halamannya.

    BalasHapus