Rabu, 21 Juni 2017

# curhat # lomba

Laptop Impian Nan Menawan ASUS E202


Juli 2016 lalu saya mendapatkan amanah baru. Bekerja di seksi yang baru yang mengharuskan saya sering bersentuhan dengan komputer/laptop dan internet. Saya diamanahi untuk mengelola website kantor, melakukan pengolahan data, mengedit serta melayout publikasi yang akan diterbitkan plus melayani permintaan data baik digital maupun cetak. Selain itu saya juga harus mengurus blog saya ini agar tidak dipenuhi sarang laba-laba, yang artinya saya juga harus bersentuhan dengan komputer/laptop dan internet.

Sebagai ibu dari tiga anak, saya agak berat jika harus lembur di kantor. Daripada lembur di kantor, saya masih mendingan lembur di rumah. Yah walaupun terkadang harus merelakan paket data terpakai, tapi itu tak masalah selama saya tidak berlama-lama di luar rumah. Kasihan anak-anak kalau saya pulang malam.

Nah yang jadi masalah adalah jika saya lembur di rumah otomatis saya perlu membawa laptop untuk bekerja. Laptop kantor ada sih, tapi beratnya na’udzubillah. Saya sampai terbungkuk-bungkuk membawa tas.

Rasanya pengen beli laptop sendiri, tinggal bawa external harddisk sudah deh tidak perlu berat-beratan bawa laptop. Mungkin kalau Bapak melihat saya bakalan diledekin kayak mikul beras hihihi.

Senangnya beberapa waktu lalu saya membaca blognya mbak Uniek Kaswarganti tentang notebook Asus E202. Katanya notebook ini ringan, minimalis dan memiliki daya tahan baterai hingga 8 jam. Wuih notebook impian saya banget ini. Akhirnya saya googling mengenai Asus E202, apa saja sih keistimewaannya?

1.   Bobot ringan dan ukuran mini

           Berat Asus E202 ini hanya 1,21 kg lho. Ringan banget kan? Dibanding laptop yang biasa saya pakai beratnya bisa mencapai 3 kg. Terus ukurannya juga mini hanya 193 x 297 mm, tidak lebih besar dari ukuran kertas A4, sehingga mudah dimasukkan ke dalam tas.

Kalau laptopnya ringan dan nggak menuhin tas, setiap bepergian dengan anak-anak membawa laptop bukanlah beban yang berarti. Selama ini saya kasihan melihat suami yang menenteng laptop saya yang berat bersama dengan tas perlengkapan bayi manakala kami bepergian. Jika menggunakan laptop ini drama seperti itu tidak perlu lagi hehehe.

2.   Pilihan warna yang cantik

           
Asus E202 memiliki warna-warna yang  kece badai. Laptop yang hadir dengan versi windows 10 dan DOS ini memiliki empat pilihan warna, antara lain Silk White, Dark Blue, Thunder Blue, dan Red Rouge. Kalau disuruh memilih saya akan memilih warna Red Rouge, sepertinya akan serasi dengan ransel laptop saya. Kalau teman-teman disuruh memilih mau yang warna apa?
warna pilihan saya


3.   Baterai tahan lama
            Sebel nggak sih pas lagi ngejar deadline baterai laptop tiba-tiba habis? Terdengarlah bunyi baterai lemah dan kemudian layar mati. Oh No!
            Saya termasuk yang mager alias males gerak ketika sudah di depan laptop dan bekerja, entah itu menulis, melayout publikasi ataupun aktivitas yang lainnya. Makanya paling sebal kalau 2 jam sudah harus beranjak untuk mengisi daya baterai.
       Kabar baiknya Asus E202 ini memiliki daya tahan baterai hingga 8 jam. Sama dengan jumlah jam kerja saya di kantor selama sehari. Itu artinya dari pagi hingga pulang kantor laptop ini tidak perlu diisi daya. Ini karena Asus E202 menggunakan prosesor intel yang hemat daya.



4.   USB Port yang lengkap
            Walaupun ukurannya mini, Asus E202 ini memiliki USB Port yang lengkap seperti micro HDMI port, port micro SD dan USB 3.1 Tipe C. USB 3.1 Tipe C ini akan menghemat waktu karena kecepatan transfer datanya hingga 5Ghz. Dengan USB tipe ini pengisian daya untuk baterainya pun berjalan dengan cepat, selain itu kelebihan USB 3.1 Tipe C ini adalah dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible. 

5.   Touchpad dan Keyboard yang nyaman
            Asus E202 memiliki touchpad yang lebih besar dibanding laptop yang memiliki ukuran sama. Desain one-piecce chiclet dengan jarak 1,66 mm, keyboardnya juga nyaman untuk mengetik.



6.   Pendingin yang tidak berisik
           Teman-teman saya pernah meledek saya, kata mereka saya ke kantor bawa helikopter. Itu karena laptop yang saya pakai berisiknya minta ampun. Nah Asus E202 ini tidak akan menimbulkan suara bising seperti helikopter. Sangat cocok jika mau dibawa ke perpustakaan atau mau dihidupkan semalaman.
       Kalau untuk saya yang sering bawa kerjaan kantor ke rumah, Asus E202 ini adalah pilihan tepat karena tidak akan berisik sehingga tidak akan membangunkan anak-anak yang sedang tidur. Maklum bisa lemburnya kalau para bocah sudah terlelap.




7.   Generasi wi-fi terbaru
            Asus E202 menggunakan teknologi wi-fi terbaru 802.11ac. Tekonologi wi-fi 802.11ac ini memiliki kecepatan hampir tiga kali lipat dibanding dengan teknologi wi-fi 802.11n. Tekonolgi wi-fi ini masih jarang dipakai lho.

8.   Harga terjangkau
                     Untuk berbagai keistimewaan tersebut rasanya harga Rp 3.249.000 masih terjangkau.                 Iya apa iya? Coba cek dengan harga smartphone teman-teman, mahalan mana? Hehehe.

Ini spesifikasi dari Asus E202
Prosesor                       : Intel® Celeron® Dual-Core N3050 Processor, 2.16 GHz
Sistem Operasi            : DOS
Chipset                        : Integrated Intel® CPU
Memori                       : DDR3L 1600 MHz SDRAM, OnBoard Memory , OnBoard Memory 2 GB
Display                        : 11.6" 16:10 HD (1366x768)
Grafis                          : Integrated Intel® HD Graphics (Pentium & Celeron)
Storage                        : 7mm SATA3- 500GB HDD
Card Reader                : card reader (Micro SD )
Kamera                        : HD Web Camera
Networking                 : Terintegrasi 802.11 ac Built-in Bluetooth™ V4.0
Interface                      : 1 x Headphone-out jack (Audio-in Combo)
1 x USB 3.0 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x USB-C Gen 1 (up to 5 Gbps)
1 x micro HDMI
Audio                          : Built-in Speakers And Digital Array Microphone
Baterai                         : 3Cells 48 Whrs Polymer Battery
Adaptor Daya             : Output :19 V DC, A, 33 W
  Input : 100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Jaminan                       : 1 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara

Rasanya dengan keistimewaan dan spesifikasi yang mumpuni, sudah tak diragukan lagi laptop satu ini recommended. Keuntungan tersendiri bagi saya jika memiliki laptop ini antara lain:
1. Tidak keberatan lagi membawa laptop kemanapun saya pergi, baik pergi sendiri maupun bersama keluarga. Karena pekerjaan dan hobi mengharuskan saya menenteng laptop kemanapun saya pergi.
2. Fanless design-nya membuat laptop ini tidak berisik, jadi anak-anak tidak akan terganggu ketika malam-malam saya bekerja.
3. Untuk saya yang malas gerak kalau sudah di depan laptop, ketahanan baterai hingga delapan jam adalah keunggulan tersendiri untuk saya.

Semoga dengan memiliki laptop ini produktivitas dan kreativitas kita akan terus meningkat.


Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com.

13 komentar:

  1. Good luck mbak. aku juga mau yg warna putih.

    BalasHapus
  2. Aku suka nih kalau ada laptop yang pilihan warna banyak dan juga tahan lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak gak usah bolak balik ngecas ya hehehe

      Hapus
  3. Keren reviewnya,Mbak.good luck 😍

    BalasHapus
  4. Notebook Asus E202 emang keren deh. Desain minimalis, kualitas maximalis, apalagi harganya cukup ekonomis.

    BalasHapus
  5. Masa kini kalau ada yg ringan2 ngapain bawa yg berat2 kayak mukul beras ya, Mbak.

    BalasHapus
  6. artikelnya menarik Mbak 👍

    salam kenal

    BalasHapus