Kamis, 15 Desember 2016

# Obrolan

Menulislah dan Rasakan Manfaatnya

Menulis merupakan suatu kegiatan yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Menulis juga telah kita lakukan sejak kita mulai sekolah. Sehingga menulis sebenarnya bukanlah hal yang asing bagi kita. Namun kenapa masih banyak orang yang enggan untuk menulis? Salah satu jawabannya mungkin karena mereka tidak tahu manfaat dari menulis itu sendiri.


Memangnya apa saja manfaat dari menulis?

      1.      Menulis sebagai Terapi Jiwa

Pernah merasa sedih karena sesuatu hal? Pernah menuliskan kesedihan tersebut dalam buku diary? Apa yang anda rasakan setelah menuliskannya di buku diary? Ada semacam perasaan plong dan lega bukan? Nah disinilah menulis bisa menjadi salah satu terapi jiwa. Yang tadinya sedih berlarut-larut bisa mengurangi kesedihannnya dengan menulis. Atau ketika marah dan kesal bisa melampiaskannya lewat tulisan, sehingga amarah dan kekesalan tersebut bisa redam. Bahkan terkadang dengan menuliskannya bisa menimbulkan ide untuk pemecahan masalah yang kita hadapi.

      2.      Menulis dapat menambah wawasan dan pengetahuan

Menulis tidak hanya sekedar menulis pasti ada sesuatu pesan yang disampaikan baik secara tersurat maupun tersirat. Bahkan terkadang sebelum menulis seseorang perlu membaca topik atau tema yang hendak diangkatnya dalam tulisan. Jadi mau tak mau seorang penulis itu juga gemar membaca, sehingga wawasan dan pengetahuannya terus bertambah seiring dengan bertambahnya tulisan. Masih ada yang berat untuk membaca?

      3.      Menulis sebagai sarana berbagi dengan orang lain

Menulis bisa menjadi sarana berbagi dengan orang lain. Tidak perlu menjadi penulis best seller untuk melakukannya, tapi kita bisa memulai dari sharing tulisan di media sosial maupun blog. Bahkan pengalaman pribadi pun mungkin bisa kita bagi dan bermanfaat bagi orang lain. Dengan berbagai yang bermanfaat bagi orang lain Insya Allah bisa juga menambah pahala dan ladang amal kita.

      4.      Menulis sebagai sumber penghasilan

Sudah banyak para penulis yang mendapatkan penghasilan dari hasil tulisannya. Tentu saja ini bukan sesuatu hal yang instan. Butuh proses panjang untuk menjadi penulis yang menghasilkan. Salah satunya adalah menjadi penulis yang produktif. Bukan hanya menulis buku saja lho agar bisa mendapatkan penghasilan dari menulis. Ada yang menjadi content writer, ghost writer, menulis review, lomba dan masih banyak lagi termasuk mengirimkan artikel dan karya fiksi ke media.

Ternyata menulis memberikan manfaat yang cukup besar baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Yuk mulai sekarang menulis setiap hari. Bingung dengan apa yang mau ditulis? Tuliskan apa saja yang dirasakan dan apa saja yang dialami. Kemudian bagi dengan orang lain agar manfaatnya terasa bagi orang lain yang mungkin pernah mengalami hal yang sama dengan kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar