Selasa, 29 November 2016

# Obrolan # tips

Menyetrika Dengan Efektif

Credit

Beginilah kalau nggak punya ART. Harus serba bisa dan multitasking hehehe. Ya sekalian urus anak sambil belajar, mandi sekalian mandiin anak-anak, nidurin adek sambil ngawasin mas main. Tapi ada satu pekerjaan yang menurut saya susah untuk disambil ini itu, yaitu nyetrika.

Nyetrika memang salah satu momok buat saya. Masih mending nyuci bisa sambil main air, bocah-bocah mau bantuin juga hayuk aja paling habis itu tinggal mandi hihihi. Lha kalau nyetrika, bisa-bisa kulitnya pada melepuh kena setrika. Makanya saya alokasikan waktu khusus untuk nyetrika ini.

Awalnya sih saya keteteran, karena senin-jumat kerja dari pagi hingga sore maka nyetrikanya sabtu-minggu. Itupun masing-masing sampai setengah hari. Teler maaaakkk....

Kemudian saya nyoba nyicil, nyetrikanya subuh. Iya sih lumayan sabtu-minggu gak gitu berat. Tapi oh tapi tagihan listrik membengkak, hiks. Sampai kepikiran buat laundry aja. Tapi saya gak kuat bau wanginya laundry yang tajam. Membuat saya sakit kepala bahkan hingga muntah.

Nah pada minggu kemarin saya coba cara baru. Hal ini saya lakukan karena hari Sabtu ada acara jadi nggak nyetrika deh. Mulanya saya pilah mana baju anak, mana baju saya. Baju anak-anak saya setrika terlebih dahulu karena lebih mudah, yap tumpukan baju anak-anak yang segunung pun berubah menjadi tumpukan rapi hanya dalam waktu 2 jam. Selesai baju anak-anak baru baju dewasa saya eksekusi. Karena tak terlalu banyak sekitar 1 jam selesai deh itu semua setrikaan. Dan saya bisa bebas bermain dengan anak-anak. Yeay....

Nah ini sedikit tips dari saya agar menyetrika lebih efektif:
  1. Pisahkan baju anak dan baju dewasa.
  2. Kerjakan baju anak-anak terlebih dahulu.
  3. Jika menggunakan semprotan pengharum untuk baju anak, semprotkan dulu untuk 10 baju baru disetrika.
  4. Selesai menyetrika baju anak, langsung masukkan ke lemari anak dulu, ini sekalian relaksasi otot supaya tidak kaku, tegang dan pegal-pegal.
  5. Sekarang kerjakan untuk baju dewasa, satu-satu kerjakan.
  6. Dalaman tidak usah disetrika.
  7. Sudah selesai


Tips yang gak terlalu penting tapi mudah-mudahan bermanfaat.

18 komentar:

  1. Udah lupa rasanya nyetrika 😅. Aku mulai tahun ini Wid, punya khadimat 😀. Setelah bertahun2 semua mua dikerjain sendiri, dengan berbagai pertimbangan dan pencarian. Wida udah mau lahiran ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada yang batuin ya Rin hehehe, aku masih nyari belum dapat Rin. Insya Allah HPL di bulan Januari, doanya ya Rin semoga lancar

      Hapus
  2. hal yang paling kusuka salah satunya adalah menyetrika. Ada satu titik yang membuat aku suka menyetrika. Sama lah ya, sebelumnya aku pisahin dulu, baju-baju anak, baju dewasa. lalu aku setrika baju yang paling urgent, habis itu selsaikan sesuai dengan pemisahan tadi. Pisahkan sekalian juga, jadi lebih mudah menyimpan di lemari..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak bener kalau udah pisah-pisah masukin lemarinya lebih enak hehehe

      Hapus
  3. Dulu jaman2 kuliah msh nyetrika sendiri :D. Biasanya aku lakuin sekali s eminggu doang sih :p. Pas kerja ngekos udh ga setrika2 lg krn di kos an ada fasilitas cuci gosok. Pas nikah juga udh lupa caranya krn ada si mbak ART :D. Tapi dulu pas msh ngelakuin, nyetrika ini yg paling aku suka drpd nyuci baju.. Krn bisa santai ngelakuinnya.. Kalo nyuci baju kurang suka krn kena detergent ke kulit :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kebalikan dari saya dong mbak, seneng main air soalnya :)

      Hapus
  4. Kerjaan menyeterika ini emang berat hahaha. Trims tipsnya mbak :)

    BalasHapus
  5. Mbak, tipsmu kayak aku deh..toss dulu ah...

    BalasHapus
  6. nyetrika adalah pekerjaan yang gak aku suaki hehehe

    BalasHapus
  7. aku agak males mb setrika baju anak, ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau baju anak-anak saya lebih seneng nyetrikanya mbak, kecil soalnya kalau baju-baju dewasa sebenarnya malas lebih ribet hihihi tapi ya gimana lagi mau gak mau

      Hapus
  8. saya malah enggak pernah disetrika mba bajunya hehehe kalau mau pergi aja baru disetrika dadakan :D jadi begitu baju kering langsung dilipat jadi enggak terlalu lecek

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dulu gitu juga mbak tapi malah seringan telat ngantor hihihihi

      Hapus
  9. Tfs tipsnyaaa mbaak. . Hehehe
    Setrika baju bagian paling berat karena harus telaten satu per satu sampe licin. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak
      berat tapi harus ya mbak

      Hapus