Kamis, 19 Mei 2016

# curhat # lomba

Tragedi Tanggal Tua

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

mataharimall-kompetisi

Tanggal tua merupakan momok bagi sebagian orang, termasuk saya. Pada tanggal-tanggal tersebut tidak ada lagi pemasukan, namun pengeluaran masih saja jalan. Meskipun demikian mengingat masa-masa perihnya tanggal tua itu seperti memiliki kepuasan tersendiri ketika kita berhasil melewatinya.

Kisah tanggal tua yang cukup tragis pernah saya alami. Waktu itu kantor sedang ada masalah. Tunjangan yang biasanya dibayarkan antara tanggal 10-15 tiap bulannya tak juga masuk rekening. Saya tidak tahu masalahnya dimana, karena semua teman sekantor mengalaminya termasuk suami saya. Ya kami memang sekantor.

Hingga tanggal 18 tunjangan tersebut tak kunjung cair. Susu, popok dan pulsa listrik sudah menipis, sementara itu suami juga mau dinas keluar kota. Akhirnya uang yang ada dipakai dulu untuk transport suami. Kami hanya bisa berharap tunjangan akan cair pada esok harinya plus uang saku selama suami dinas.

Ternyata perkiraan saya meleset. Tanggal 19 tunjangan belum juga masuk rekening. Sementara itu, meteran listrik sudah menjerit-jerit hampir kehabisan pulsa. Saat itu dompet saya sudah kosong. Rasanya pengen nangis, rasanya pengen nemuin harta karun di bawah kasur.

Tak ada akal lagi, saya coba bongkar tabungan recehan di toples. Hasilnya cuma dua puluh ribu. Yah lumayan lah buat beli sayur. Saya putar otak lagi untuk mencari sumber dana dan aha....saya masih ada sumber dana yang sebenernya tidak boleh saya utak atik.

Beberapa bulan sebelumnya saya mencoba usaha online kecil-kecilan. Hasilnya belum seberapa. Saya masih mau menambah modal. Tapi apa daya keadaan mendesak. Akhirnya saya gunakan uang modal tersebut untuk menyambung hidup. Nggak banyak yang saya ambil  cuma seratus ribu supaya nanti saya tidak kesusahan mengembalikannya.

Saat itu saya masih berharap tunjangan akan cair di tanggal 20. Jadi uang seratus ribu tersebut saya gunakan untuk kebutuhan selama 2 hari ke depan saja. Untuk listrik misalnya saya beli pulsa listrik dua puluh ribu saja, biasanya cuma tahan semalam sih, kemudian susu anak saya yang pertama saya beli kemasan yang paling kecil 200 gram dan sisanya saya belikan popok sekali pakai.

Rupanya masalah tak berhenti disitu. Susu anak pertama saya cuma tahan sehari. Di tanggal 20 sore susunya tinggal 2 kali bikin. Mana suami saya pulang nya masih esok sorenya lagi. Du du du apa yang harus saya lakukan kali ini?

Akhirnya saya ada ide untuk mencampur susu anak pertama saya dengan susu adiknya. Kebetulan adiknya masih minum ASI jadi tidak terlalu banyak minum susu formula dan kebetulan juga merk susunya sama. Alhamdulillah dia mau. Sabar-sabar ya nak sampai ayahmu pulang.

Dan akhirnya yang ditunggu datang juga. Tanggal 21 sore suami saya sudah tiba di rumah dengan membawa semua kebutuhan anak-anak. Duh leganya. Dan bahagianya anak saya yang pertama mendapatkan susunya dalam jumlah banyak. Dan senangnya lagi tunjangan yang kami nantikan masuk di hari itu juga.

Rasanya gado-gado mengalami kejadian tanggal tua tersebut. Dan ternyata saya tidak mengalaminya sendirian, karena ada teman senasib saya yang bernama Budi.
ini dia program TTS nya MatahariMall.com

Kisah Budi di tanggal tua tak kalah sedihnya dengan saya. Di tanggal tua Budi yang anak kosan hanya bisa makan mi. Sabun dan Shampo nya sudah hampir habis di tanggal tua. Untuk internetan, Budi nebeng wi-fi Cafe. Biar gak malu Budi tentu harus memesan sesuatu di cafe tersebut. Dan terpaksa Budi hanya memesan es batu dan membawa minuman sendiri dari rumah karena uangnya sudah minim. Bahkan bola lampu di kamarnya yang sudah mati, Budi tak sanggup membeli gantinya.

Namun untunglah di saat menyedihkan tersebut pertolongan datang dari MatahariMall.com melalui program TTS nya. Eits ini bukan program teka-teki silang lho tapi Tanggal Tua Surprise. Disitu Budi akhirnya bisa membeli barang-barang yang di perlukan dengan budget yang minim.

Senangnya akhir kisah Budi ini bahagia. Ya ya di akhir bulan atau di saat anggaran sudah mulai menipis kita perlu jeli melihat peluang seperti ini agar bisa berakhir bahagia seperti Budi.

4 komentar:

  1. Gitu tuh yang menyebalkan, gaji atau tunjangan telat di bayar padahal list belanjaan udah panjang hehehe.. Good luck ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak....makasih dah mampir

      Hapus
  2. ikutan lomba ini juga wid :p

    kalo di sini, mau perjalanan dinas kadang boleh minjem dulu buat transport. pulangnya baru balikin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mil, karena masih terbebani dengan tanggal tua hehehe


      Enaklah kalau boleh pinjam DP. Hihihi kebijakan kantor emang beda2 ya

      Hapus