Rabu, 18 Juni 2014

# Obrolan

Belum Jadi Beli Tiket eh Mandala Berhenti Beroperasi

credit
Ramadhan sudah dekat, Idul Fitri pun tak lama lagi, bagi kami yang jauh dari orang tau tentu sudah mulai mencari tiket untuk pulang kampung. Apalagi tiap kali nelpon Ibu selalu diingatkan untuk beli tiket, takut mahal nanti kalau belinya dekat-dekat hari.

Saya dan suami sebentar-sebentar cek harga tiket ini, karena kebetulan Mandala memiliki rute Pekanbaru-Jogjakarta langsung maka kami memprioritaskan maskapai ini, lumayan kan bisa menghemat waktu transit dan perjalanan pulang lebih singkat dan lebih praktis. Tapi saya tak kunjung booking tiket mandala ini, kenapa?

Sekitar Maret atau April saya mencoba hunting tiket online, tapi ternyata tertulis n/a. Tadinya saya fikir  jangan-jangan rute Pekanbaru-Jogjakarta ditutup. Eh nggak lama setelah itu keluar kabar kalau Mandala menutup beberapa rute penerbangannya tapi saya lihat jurusan Pekanbaru-Jogjakarta tidak ditutup.

Lalu Bulan Mei saya coba lihat lagi tiket Mandala tujuan Pekanbaru-Jogjakarta, rupanya ada tarifnya sekitar 1,7 jutaan sekali berangkat per orang dan kembalinya sekitar 1,5 an sekali berangkat per orang. Lumayan juga sih, tapi belum kami booking juga, entah kenapa.

Sekitar akhir Mei dan awal Juni kami coba lagi lihat tiket Mandala masih dengan tujuan yang sama. Eh nggak bisa diisi tanggal berangkatnya. Saya langsung mikir ke penutupan rute, jangan-jangan kali ini rute yang sedang saya cari ini ditutup juga. Namun sekitar beberapa hari kemudian kakak saya telpon kalau Mandala ada lagi tapi harganya lebih mahal dan akhirnya kami tidak booking lagi. Harganya tidak cocok hehehe.

Bukannya kami pasrah sih tapi mencoba peruntungan, kali aja dengan labih sabar bisa dapat harga yang lebih murah hehehe. Walaupun prioritas kami masih sama, mencari rute langsung Pekanbaru-Jogjakarta. Dan betapa terkejutnya kami sore tadi melihat berita bahwa Mandala berhenti beroperasi per 1 Juli 2014. Gagal deh kami pulang tanpa transit. Tapi masih bersyukur karena kami belum jadi booking.




Untuk beritanya bisa dilihat disini. Alasanya sih karena selama ini Mandala merugi ditambah sekarang kurs rupiah melemah makin membuat biaya operasional melambung. Nah bagi anda yang sudah membeli tiket Mandala pasti langsung khawatir ya tapi janjinya sih Mandala akan membantu penumpang dengan pengalihan penerbangan ke penerbangan yang dioperasikan Tiger Air jika ada kursi yang tersedia atau pengembalian uang tiket untuk periode penerbangan setelah 1 Juli 2014. Mudah-mudahan sih cepat ditangani ya karena kalau tidak wah wah double jadinya biaya mudik.

Harapan saya hingga saat ini masih ingin ada penerbangan langsung Pekanbaru-Jogjakarta begitu juga sebaliknya supaya saya bisa pulang tanpa transit yang melalahkan dan kadang menunggu berkepanjangan. Dan mudah-mudahan banyak orang yang memiliki harapan yang sama sehingga rute ini bisa benar-benar terwujud.



1 komentar:

  1. saya baru tau ada mandala , kalau tiger atau susi saya tau :D tautau udah di tutup aja ..haha

    BalasHapus