Kamis, 09 Januari 2014

Tutoria: Cara Praktis Menghapus Backgound Gambar Dengan Power Point

Jadi ceritanya saya ini gak pinter memakai aplikasi photoshop maupun corel draw. Kalaupun sambil nyontek tutorial tetap saja rasanya gak bisa nyantol di otak. Kalau udah kelar ngerjainnya ya sudah bakalan ilang juga tuh ilmu. Gawat kan? Padahal di pekerjaan baru ini saya dituntut untuk bisa membuat cover secantik dan sebaik mungkin.

Beruntung masih ada aplikasi dari microsoft office yang banyak membantu. Dan kali ini bisa saya gunakan dengan baik yaitu menghapus background gambar dengan cara yang sangat simpel. Dan tulisan ini merupakan tutorial komputer pertama saya. Dan walaupun saya juga yakin banyak teman-teman yang sudah pandai menggunakan tekhnik ini tapi gak ada salahnya saya share kan biar ilmu saya nggak hilang hehehe.

Nah jadi kali ini saya ingin menghapus backgorund gambar Garuda Pancasila yang saya ambil dari internet. Gak seru kan kalau sampul bukunya masih ada celemong putihnya
gambar 1.  Garuda Pancasila yang ingin saya hilangkan bacgroundnya
Saya menggunakan Microsoft Power Point 2010 (pake Microsoft Office yang lain juga bisa kok). Nah di menu bar nya pilih format ---> Remove Bacground, hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Gambar 2


Nah akan muncul area warna ungu, area inilah yang akan kita eksekusi tapi sebelumnya kita lebarkan dulu areanya agar sayap garuda tidak terpotonga, hasilnya seperti ini.

Gambar 3
Karena gambar beringin, padi kapas dan pitanya juga di area ungu jika kita klik format ----> remove background maka hasilnya tidak akan sempurna. Contohnya sebagai berikut.

Gambar 4
Nah agar gambar Garuda Pancasilanya sempurna maka kita kembali ke gambar 3 dan kita perlu menandai daerah yang dianggap bacground menjadi daerah yang akan kita pertahankan untuk tidak dihapus, caranya pilih Mark Areas to Keep kemudian klik daerah yang ingin kita pertahankan. Cukup di klik untuk area yang kecil dan buat garis dalam area jika area yang akan dipertahankan cukup besar misalnya saja daerah pita.

gambar 5
Jadinya seperti ini, akan muncul tanda (+) untuk daerah yang kita pertahankan
gambar 6
Kemudian klik format ----> Remove Background maka akan didapatkan hasil sebagai berikut
gambar 7

Nah sekian tutorial menghapus backgorund menggunakan power point semoga bermanfaat.



1 komentar:

  1. wah.. keren.keren. bisa dicoba..
    maksih infonya.

    mampir juga di blog kami.
    biolearningcenter

    BalasHapus