Rabu, 31 Oktober 2012

Perawatan Kulit di Malam Hari Ternyata Perlu Lho

Sudah tahu kan citra mengeluarkan produk baru?


Yup bener banget Citra Night Whitening. Lotion khusus yang digunakan untuk merawat kulit di malam hari dan terbuat dari minyak biji anggur dan ekstrak mulberry. Produk ini sepengetahuan saya merupakan produk pertama dan satu-satunya yang digunakan untuk merawat kulit pada malam hari (setahu saya sih kalau produk perawatan kulit muka malam hari sudah banyak.)



Memangnya sepenting apa sih merawat tubuh di malam hari? Terus kenapa mesti minyak biji anggur dan ekstrak mulberry yang digunakan? 


Gambar dipinjam dari sini


Eits sabar dulu ya nanti kita bahas satu-satu, dimulai dari sejarah perawatan kulit, manfaat dari minyak biji anggur dan mulberry, perbedaan perawatan siang dan malam serta pentingnya perawatan kulit malam hari.

Sejarah Perawatan Kulit
Pinjam Gambar dari sini

Ternyata sejarah perawatan kulit sudah dimulai sejak zaman prasejarah. Pada zaman itu konon kabarnya (nyontek dari catatan Ricky Waugh) manusia sudah mulai merasakan ketidaknyamanan pada kulit mereka. Hal ini dikarenakan adanya paparan dari sinar matahari dan juga dari makanan yang mereka makan. Tapi perawatan apa yang mereka gunakan masih misteri hingga saat ini.

Sedangkan di Mesir para arkeologist menemukan guci di makam kuno yang konon kabarnya digunakan kaum pria dan wanita untuk menjaga kelenturan dan kekencangan kulit serta mencegah kerutan.

Ilmu mengenai perawatan kulit sendiri mulai berkembang pada tahun 1957, saat itu ada seorang penulis bernama Geromino Mercurial dari Italia menulis sebuah buku yang diberi judul “De Morbis Cutaneis” yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris menjadi “On the disesases of The Skin”. Kemudian buku ini dikenal sebagai buku sistematis pertama mengenai kulit.

Lalu pada tahun 1859 Robert A. Chesebrough menemukan Vaselin-Jely dari minyak tanah, kegunaannya adalah untuk menyembuhkan luka baik luka potong maupun luka bakar. Hingga kemudian produk perawatan makin berkembang, tak hanya untuk mengobati luka tapi sebagai pencegahan terhadap hal-hal yang dapat merusak kulit. Hal tersebut berkembang pada tahun 1944 dimana Benjamin Green menciptakan tabir surya yang digunakan oleh para prajurit Perang Dunia II dari pengaruh sinar matahari.

Perbedaan Perawatan Kulit Siang dan Malam
Kini semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi banyak sekali produk-produk perawatan kulit mulai dari kulit muka, badan, tangan dan kaki. Perawatan kulit biasanya menggunakan lotion atau cream. Khusus untuk muka biasanya ada cream pagi dan cream malam. Tapi kali ini sepertinya citra tampil beda karena produknya berupa perawatan kulit tubuh (badan, kaki dan tangan) tapi yang digunakan untuk malam hari.
Memangnya beda ya perawatan siang dengan malam?

Sebenarnya beda, jelas beda banget. Tapi saya sendiripun baru tahu perbedaan perawatan kulit siang dan malam hari, karena setahu saya perawatan malam dan siang yang berbeda itu hanya dikhususkan untuk wajah. Rupanya kulit tubuh yang lainpun perlu sentuhan perawatan di malam hari.

Jadi bedanya perawatan kulit di siang dan malam hari ini terletak pada aktivitas kulit itu sendiri dan aktivitas si empunya kulit. Pada siang hari kita cenderung banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Baik pergi ke sekolah, ke tempat kerja, ke mall, mengantar dan menunggui anak yang sedang sekolah dan lain-lain sehingga kulit banyak terkena polusi. Polusi-polusi tersebut dapat berupa debu, asap kendaraan maupun sinar matahari yang mengandung sinar UV. Sehingga produk perawatan kulit di siang hari biasanya berfungsi untuk melembabkan kulit, melindungi kulit dari polusi, mencegah pigmentasi kulit akibat sinar matahari serta melindungi wajah dari radikal bebas yang mengakibatkan penuaan dini.

Berbeda dengan aktivitas di malam hari, dimana sebagian besar waktu kita gunakan untuk beristirahat. Pada saat ini kulit mengalami regenerasi. Sehingga produk untuk perawatan kulit di malam hari lebih tinggi kandungan antiosidannya dibanding dengan produk perawatan kulit di siang hari. Selain itu produk perawatan kulit malam hari biasanya tidak mengandung bahan anti pigmentasi karena pada malam hari tidak ada sinar UV yang dapat menggelapkan kulit kita.

Pentingnya Perawatan Tubuh di Malam Hari
Lalu sepenting apakah merawat tubuh di malam hari?

Kalau boleh saya jawab penting sekali!!!

Kenapa? (Karena ini nggak ujian saya nyontek boleh ya hehehe) karena menurut dr Eddy Karta, SpKK yang dimuat disini pada malam hari regenerasi kulit dua kali lebih banyak pada siang hari. Selain itu pada malam hari kulit kehilangan kandungan air 25% lebih tinggi dibandingkan pada waktu siang. Hal ini terjadi karena pada saat tidur asupan air terhenti paling tidak delapan jam.

Kalau kandungan air berkurang maka sel-sel kulit jadi mengkeret. Sel-sel kulit yang mengkeret ini bersifat kering sehingga pembelahan sel agak susah terjadi. Untuk itulah supaya pembelahan sel berjalan sempurna kondisi kulit harus tetap lembab.

Beruntung kini telah hadir Citra Night Whitening yang mengandung minyak biji anggur dan ekstrak mulberry. Sehingga tidak perlu susah payah lagi kita mencari lotion tubuh untuk penggunaan malam hari.

Pinjam gambar dari sini


Memangnya apa sih manfaat minyak biji anggur dan ekstrak mulberry untuk kulit?

Sabar dulu ya, dibahas di bawah ini nih.
Manfaat Minyak Biji Anggur dan Ekstrak Mulberry
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Citra Night Whitening mengandung minyak biji anggur dan ekstrak mulberry. Kenapa dipilih dua bahan alami ini?

Minyak biji anggur terbuat dari biji anggur yang sudah diteliti memiliki khasiat yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya. Biji anggur dikenal memiliki antioksidan yang tinggi dan bahkan dapat membunuh sel kanker.

Gambar pinjam dari sini



Daun dan biji anggur telah digunakan sejak berabad-abad yang lalu di rumah pengobatan. Minyak biji anggur sendiri memiliki banyak kandungan zat yang berguna bagi tubuh. Zat-zat tersebut antara lain polifenol - flavonoid, Asam Lemak Esensial - asam linoleat, vitamin E, dan oligomer proantosianidin.(The Cellular and Molecular Basis of Health Benefits of Grape Seed Proanthocyanidin Extract, Joshi S.S.; Kuszynski C.A.; Bagchi D.)

Gambar dipinjam dari sini
Polifenol merupakan kelompok bahan kimia yang memiliki lebih dari satu unit fenol per molekul. Sedangkan flavonoid merupakan salah satu polifenol yang paling  sering ditemukan dalam tanaman termasuk biji anggur ini. Senyawa flavonoid ini memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk melindungi struktur sel dan mencegahnya dari kanker. Selain itu flavonoid juga memiliki hubungan sinergis dengan vitamin C sehingga mampu meningkatkan efektivitas vitamin C, mencegah keropos tulang dan sebagai antibiotik.

Selain mengandung flavonoid, biji anggur juga mengandung asam lemak esensial-asam linoleat. Asam lemak esensial disebut juga sebagai Essential Fatty Acid (EFA) yang merupakan asam lemak tak jenuh yang berasal dari asam linolenat (Omega-3), asam linoleat (omega 6) dan asam oleat (omega-9). Tubuh manusia memerlukan EFA untuk membuat dan memperbaiki membran sel, memampukan membran sel untuk memperoleh nutrisi optimal serta mengeluarkan produk limbah yang membahayakan.

Kandungan lain yang terdapat dalam biji anggur adalah vitamin E. Sudah kenal dong dengan vitamin yang satu ini. Manfaatnya untuk kulit antara lain  membantu mempertahankan kelembapan kulit sehingga mencegah kulit dari kekeringan. Selain itu vitamin E juga dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV dan mempercepat peyembuhan luka.

Yang terakhir yang akan dibahas mengenai kandungan minyak biji anggur ini adalah oligomer proantosianidin. Zat ini dikenal pula dengan singkatan OPC (Oligomeric Proantho Cyanidin) yang memiliki khasiat 50 kali lipat dibanding vitamin E dan 20 kali lipat dibanding vitamin C. OPC ini berguna sebagai antioksidan dan kaya akan kolagen yang sebagai bahan utama pembentukan sel.

Banyak juga ya manfaat biji anggur ini, yang jelas biji anggur memiliki antioksidan dan membantu dalam regenerasi sel-sel kulit. Lalu apa kandungan buah mulberry dan apa manfaatnya?



Pinjam gambar dari sini
Buah mulberry di Indonesia dikenal juga dengan nama Murbei. Buahnya bergerombol dengan panjang 2-3 cm dan berwarna ungu tua hingga hitam saat masak dan rasanya manis. Buah ini mengandung isoquerctin, cianidin dan antocianin yang merupakan senyawa antioksidan. Selain itu mulberry juga banyak mengandung mineral penting seperti kalimu, kalsium, fosfor dan lain-lain, vitamin C, B1, B2, asam linoleat, asam palmitat dan oleat. Tapi kalau Citra Night Whitening ini jangan dimakan ya tapi dioleskan ke tubuh.

Lalu bagaimana mulberry ini dapat mencerahkan kulit?

Jadi cerintanya mulberry atau murbei ini nantinya akan menghambat kerja enzim tyrosinase sehingga dapat mencegah pigmentasi kulit dan iritasi. Hasilnya kulit jadi lebih cerah.

rumah cantik citra bandung
Pas banget yah kombinasi dari Citra Night Whitening ini. Tak hanya membantu regenerasi sel-sel kulit tapi juga mencerahkan kulit. Jadi kulit tak hanya sehat tapi juga cantik. Nah kalo pengen tambah cantik lagi silakan lho datang ke rumah cantik citra. Untuk saat ini baru ada di tiga kota yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya. Cukup dengan membeli produk citra disitu kita langsung mendapatkan pelayanan gratis. Seru kan?


rumah cantik citra surabaya
rumah cantik citra jakarta


Sumber:
Penemuan Perawatan Kulit
Tips Antioksidan dan 8 Manfaat Polifenol
Apakah Flavonoid?
Mengenal Lebih Dekat Asam Lemak Esensial

KhasiatMinyak Biji Anggur Grape Seed Oil 
Khasiat Murbei



1 komentar:

  1. cantik adalah modal terpenting untuk penyemangat hidup....

    Itulah mengapa, di bloge mas ihsan ganteng juga semangat itu saya tanam demi cantiknya istri saya

    BalasHapus