Minggu, 01 April 2012

# Obrolan

Cuti di Iklan Mi

Ini hanyalah postingan iseng saya saja. Kebetulan ko pas lihat iklan sebuah produk mi di TV sepertinya ada yang janggal, maka dari itu saya tulis postingan ini.

Teman tentunya tahu kan iklan mi yang modelnya si pendendang alamat palsu alias ayu ting-ting. Masih ingat kan dialognya sebelum si Ayu keluar. Dialog antara bos (nampaknya sih PNS) dan bawahannya yang kira-kira begini

" Kamu mau cuti berapa hari " kata si Bos

"Dua" kata si bawahan

"Satu!!!" kata si Bos

"Dua" kata si bawahan

"Sa...." belum selesai si bos ngomong nongollah si Ayu Ting Ting.

OK stop adegan disitu dulu karena disitulah kejanggalan dimulai. Waktu kerja dulu (sekarang juga masih sih) kalau cuti itu minimal tiga hari. Maka supaya tidak dibilang omdo alias omong doang berikut disertakan bukti berupa PP no 24 tahun 1976.

Dalam PP tersebut disebutkan bahwa jenis-jenis cuti ada 6 macam yaitu cuti tahunan, cuti besar, cuti sakit, cuti bersalin, cuti karena alasan penting, dan cuti diluar tanggungan negara. Kemudian pada pasal 4 ayat 3 disebutkan bahwa "Cuti tahunan tidak dapat dipecah-pecah hingga jangka waktu kurang dari 3 (tiga) hari kerja".

Lho tapi itu kan cuti tahunan? emang si bawahan mau cuti tahunan? Tahu darimana?

Heheh OK OK sabar sabar ini kan yang protes gue ko malah pada jadi sewot yah hahaha. OK lah misalnya si bawahan gak ambil cuti tahunan misal cuti besar, mari kita tengok lagi berapa lama cuti besar itu. Nah di pasal 9 ayat 1 disebutkan bahwa "Pegawai NegeriSipil yang telah bekerjasekurang-kurangnya 6 (enam) tahun secara terus-menerus berhak atas cuti besaryang lamanya 3 (tiga) bulan." Makin gak mungkin kan?

Beralih ke cuti sakit atau bersalin lebih gak mungkin lagi, mukanya seger buger gitu masak sakit. Bersalin? sejak kapan laki-laki bersalin? cuti alasan penting atau diluar tanggungan negara juga tidak mungkin hanya satu atau dua hari. Maka dari itulah tak ada cuti lagi selain cuti tahunan.

Rasanya ko jadi serius dan panjang lebar ya padahal cuma mau bilang hal yang sederhana, cuti itu minimal 3 hari jadi mungkin iklan mi ini bisa diganti dialognya dengan mengganti kata cuti jadi izin jadi kira-kira dialognya jadi seperti ini

"Kamu mau izin berapa hari?"

Hihihi sorry nih lagi iseng.

4 komentar:

  1. :):):)
    "Iklan"

    oww... begitu yah
    baru tau
    terima kasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe alhamdulillah postingan iseng ternyata ada manfaatnya juga

      Hapus
  2. Yang bikin iklannya bukan PNS Wid, jadi gak ngerti kalo cuti tu gak ada yang cuma 2 hari...hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih fer harusnya wida yang bikin skenarionya ya wkwkwk

      Hapus