Selasa, 13 April 2021

Minum 8 Gelas Sehari Selama Puasa, Bisakah?

09.00 0 Comments

 


Tak terasa tinggal selangkah lagi kita sudah memasuki bulan suci Ramadan. Nah, biasanya banyak yang kurang memperhatikan minum. Ada yang minum berlebihan dengan minuman manis saat berbuka atau bahkan saat sahur. Sebaiknya, segera kurangi ya, karena akan membuatmu cepat lemas jika mengkonsumsi makanan manis berlebihan.

 

Lalu, bagaimana agar konsumsi delapan gelas air putih dalam sehari dapat terpenuhi? Caranya sebenarnya cukup mudah, kok, tinggal atur waktunya saja untuk minum. Nah, berikut delapan waktu minum air putih rekomendasi dari Kementerian Kesehatan melalui Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

 

1. Satu Gelas Ketika Bangun Akan Sahur

Jika biasanya kita minum setelah bangun di pagi hari, ketika bangun untuk sahur, jangan lupa melakukan hal yang sama. Biar tidak lupa, sebelum tidur bisa disiapkan dahulu segelas di dekat meja kamar.

 

2.  Satu Gelas Habis Sahur

Sehabis, sahur jangan lupa tutup dengan minum air putih. Sama saja setelah sarapan, kita juga minum segelas. Jadi lakukanlah.

 

3. Satu Gelas Saat Buka

Sunah berbuka memang dengan yang manis seperti kurma, tetapi jangan lupa, setelah itu minum segelas air putih. Ingat, ya, jangan lebih karena biasanya puasa membuat kita kehausan, tetapi kebanyakan minum akan menyebabkan perut jadi tidak nyaman saat beribadah.

 

4. Satu Gelas Setelah Salat Magrib

Setelah membatalkan puasa dengan kurma dan segelas air, sebaiknya salat magrib dulu. Setelah salat, sebelum mulai makan besar, awali dengan minum air putih juga.

 

5. Satu Gelas Setelah Makan Malam

Yang satu ini juga seperti biasa, setelah makan maka biasakan untuk minum segelas air putih ya, ….

 

6. Satu Gelas Setelah Salat Isya

Berhubung di siang hari kita menahan haus dan lapar maka waktu salat di malam hari bisa dijadikan patokan jadwal minum air putih, yaitu setelah salat Isya.

 

7. Satu Gelas Setelah Salat Tarawih

Ingat, ya, ada tiga waktu salat yang kita wajib minum air putih setelahnya, yaitu setelah salat Magrib, salat Isya dan salat Tarawih. 

 

8. Satu Gelas Sebelum Tidur

Jangan lupa minum satu gelas terakhir sebelum tidur. Ya, jangan pas banget  ketika mau merebahkan badan, sih. Bisa setengah jam sebelumnya, ketika alarm mengantuk sudah mulai berbunyi.

 

Itulah delapan waktu  minum air putih delapan gelas sehari. Semoga mudah diingat dan bisa dijalankan dengan baik sehingga tubuh tetap bugar saat berpuasa.

 

Semoga bermanfaat.

 

(Ed. Haeriah Syamsuddin)

 


Senin, 12 April 2021

Resep Nasi Goreng Hijau

09.00 0 Comments



Nasi goreng lagi nasi goreng lagi. Meski nasi goreng tapi tetap saja banyak variasinya lho.... Yang sudah saya posting di blog ini antara lain:

Nah kali ini mau coba nasi goreng yang cetar, bikin pakai cabai setan yang pedasnya nampol wkwkwk. Dijamin pedesnya bisa bikin nagih, buat yang doyan ya wkwkwkw.
Dan ini resepnya

Bahan dan bumbu:
3-4 centong nasi putih
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
3 buah cabai rawit setan
1 butir telur
garam secukupnya
penyedap rasa secukupnya
sedikit minyak

Cara memasak:
1. Haluskan bawang putih, bawang merah dan cabai
2. Tuang sedikit minyak dalam wajan, biarkan agak panas kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
3. Sisihkan bumbu di tepi wajan, masukkan telur dan orak-arik sampai setengah matan.
4. Masukkan nasi.
5. Aduk nasi hingga tercampur rata dengan bumbu dan telur.
6. Tambahkan garam dan penyedap rasa hingga sesuai dengan selera rasa.
7. Angkat dan sajikan, bisa ditambah sayuran sepeti tomak, kol, timun dan lain-lain.

Selamat mencoba 

Sekiranya penyuka pedas bisa ditambah lagi cabenya ya, kalau tidak suka pedas bisa pakai cabai merah saja hehehe. Next mau kasih resep lagi nasi goreng sambal terasi, ada yang minat gak ya????


Rabu, 09 September 2020

3 Bahan Untuk Cemilan Istimewa

12.08 4 Comments
Siapa suka pisang?

Di rumah anak-anak suka sekali dengan pisang. Pisang buah biasanya. Nah suatu hari mertua memberi pisang satu sisir. Saya yang dapat hibahan pisang sebanyak itu bingung mau diapain nih pisang, karena biasanya pisang yang dibeli bukan yang jenis itu.

Nah pas keingat acara beberapa waktu lalu dimana ada challenge untuk membuat cemilan berbahan dasar pisang dan coklat. Pengen juga bikin yang seperti itu. Sayangnya anak-anak gak mau, jadi pisangnya coba dibakar dulu baru celup cokelat. Eh ternyata pada gak suka hiks. Selain pisangnya memang masam, Si Sulung yang biasanya makannya banyak enggak terlalu suka cokelat.

Sambil mikir mau diapain ternyata pisangnya udah busuk. Hiks sedih banget. Nah dua hari kemudian dapat hibah pisang lagi. Wah kali ini harus gercep kan gak beloh lengah nanti keburu busuk.

Pisangnya sejenis pisang barangan. Belum terlalu masak. Akhirnya searching di YouTube dapatlah resep pisang crispy yang gampang banget. Dalam sehari pisang satu sisir tersebut ludes karena ternyata si tengah doyan. "Yeay Mama berhasil," katanya girang.

Nah biar gak kepanjangan ini resepnya ya .

Bahan:
2 sdm tepung pisang goreng 
Tepung roti secukupnya
3 buah pisang, masing-masing bagi empat. Caranya belah dua sama besar kemudian masing-masing dibagi dua memanjang.
Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat:
1. Larutkan tepung pisang dengan air hingga tekturnya lembut, tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
2. Celupkan pisang yang sudah dipotong ke dalam tepung tersebut.
3. Tuang tepung roti dalam wadah, kemudian gulingkan pisang yang telah dicelup tepung hingga rata. Lakukan sampai pisang habis.
4. Panaskan minyak secukupnya. Kemudian goreng pisang hingga berwarna emas kecoklatan.
Seperti biasa gorengnya pakai kangaroo emerald cookware set of 5 ini. 
5. Sajikan selagi hangat.


Mudah sekali bukan? Saya belum nyoba sih kalau pakai tepung biasan bagaimana. Kalau pakai tepung pisang goreng ini nikmat banget sih hihihi.

Sebenarnya bisa banget lho dikasih topping. Cuma bocah pada gak mau jadinya memang gak kasih topping apa-apa. Karena gini aja katanya sudah enak hehehe.


Rabu, 15 Juli 2020

Setup Roti Keju, Simpel dan Endes

16.19 16 Comments
Melihat postingan di grup Muntasir Family tu bikin ngiler. Soalnya pada ahli memasak dan ahli moto jadinya bikin mupeng wkwkwkw. 

Saya juga senang sih masak. Tapi akhir-akhir ini enggak punya waktu. Nah pas kemarin ikut bimbingan optimasi WhatsApp dari Indscript ada seseteman yang jualan dessert yang endes. Ada Oreo lumer sama setup roti. 

Ngiler lho tiap hari menyambangi status beliau ini. Pengen pesen doi jauh. Akhirnya karena emang pengen banget coba kepo deh sama resepnya. Dan viola .... Banyak banget resep yang dijumpai. Saya nyobain salah satu resepnya dan Alhamdulillah jadi. Enak sampai dihabisin bapaknya anak-anak yang nggak suka ngemil.

Penasaran juga?

Ini saya bagi resepnya. Ini untuk satu porsi ukuran kotak 11x11. Kalau di resep yang saya lihat itu sebenarnya untuk dua porsi tapi berhubung mau bikin setup roti Milo juga makanya bikin setengah dari resep asal.

Setup Roti Keju
Bahan:
250 ml susu uht
65 ml santan instan
2 1/2 sdm gula pasir 
1 1/2 sdm tepung maizena
60 gram keju cheddar parut boleh lebih banyak ya
1/4 sdt vanili
3 lembar roti tawar

Cara membuat:
1. Tuang susu, santan, gula pasir, tepung maizena dan vanili. Aduk-aduk hingga rata.
2. Panaskan campuran bahan tersebut hingga mengental.
3. Susun roti tawar dalam wadah. Boleh pakai roti tawar tanpa kulit atau boleh juga kulitnya dipakai. Roti tawar boleh dipotong disesuaikan dengan wadah.
4. Siram dengan fla yang sudah dibuat tadi.
5. Beri parutan keju.
6. Ulangi hingga penuh. Bagian paling atas adalah keju parut.
7. Masukkan dalam kulkas hingga dingin. Kemarin sih saya masukkan hingga 3 jam. 

Asyik banget nih habis makan siang pencuci mulut ya setup roti keju ini. Dingin, gurih dan manis dan bikin nagih. Pak Su aja minta dibikinin lagi. 

Yuk dicoba resep gampil yang satu ini.

Selasa, 19 Mei 2020

5 Menu Praktis Untuk Buka dan Sahur

22.43 1 Comments

Bulan Ramadhan memang bulan istimewa bagu umat muslim. Bagaimana tidak? Di bulan ini dosa-dosa banyak diampuni dan pahala banyak dilipatgandakan. Selain ibadah ada satu hal menarik selama Ramadhan ini yaitu makanan.

Ramadhan-ramadhan sebelumnya mungkin kita masih bebas menemukan jajanan khas bulan Ramadhan seperti kolak, es buah, kurma dan lain-lain. Namun saat ini karena merebaknya virus corona dan masyarakat diwajibkan untuk di rumah saja, belanja-belanja makanan selama Ramadhan jadi berkurang. Diganti dengan memasak sendiri berbagai masakan baik untuk hidangan berbuka maupun sahur.

Bisa dipastikan banyak emak-emak rempong di luar sana. Masak ini masak itu, udah macem-macem dimasak, udah lelah badan eh ternyata masakannya nggak habis. Duh sedih ya Mak. Nah pada postingan kali ini saya akan membagikan menu praktis untuk
buka dan sahur.

Sebagai emak dengan tiga anak yang masih kecil, waktu saya cukup terbatas. Mereka adalah prioritas utama, namun menyajikan makanan juga tidak boleh dilepaskan begitu saja. Makanya saya coba siasati agar setiap memasak hidangan buka dan sahur menjadi lebih praktis.

1. Sambal

Orang di tempat saya menyebutnya sambal, kalau bahasa tenarnya balado. Sebenarnya cabai yang dimasak kemudian nanti dicampurkan ke aneka lauk seperti ikan, ayam, tahu, tempe, telur dan lain-lain. Tapi cukup ribet juga kalau harus menyiapkannya per hari. Untuk itu saya membuat sambal untuk seminggu sekaligus.

Biasanya saya buat pada hari-hari libur yaitu di hari Sabtu atau Minggu, soalnya walaupun banyak yang mengira saya libur WFH cukup menyita waktu. Biar hemat tenaga saya juga menggunakan blender untuk menggiling cabai dan teman-temannya. Oke ini dia resepnya.

Balado:
200 gram cabai merah
1 buah tomat ukuran besar
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
garam sesuai selera
penyedap masakan sesuai selera
6 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Haluskan cabai, tomat, bawang merah dan bawang putih hingga halus.
2. Panaskan minyak goreng dan tuangkan cabai dan yang lainnya yang telah dihaluskan.
3. Tambahkan garam dan penyedap rasa.
4. Masak hingga matang

Menurut saya kematangan sambal ini jika sudah mengelurkan harum bawang dan cabai berubah dari merah menjadi agak oranye. Simpan dalam kulkas jika sambal sudah dingin.

Sambal ini siap dijadikan bumbu nasi goreng, balado kentang, balado telur, balado ikan, balado ayam dan lain-lain. Bahan-bahannya tinggal goreng dan campur sama baladonya. Praktis bukan?

2. Seafood Lapis Tepung

Membuat makanan yang dilapisi tepung juga cukup praktis, namun agar lebih praktis lagi saya membuatnya sebagai frozen food. Lumayan kan tinggal goreng-goreng saja. Apalagi saat sahur tidak perlu lagi bergelimang dengan tepung.

Anak-anak biasanya lahap kalau masakannya kayak gini. Cara membuatnya juga cukup mudah.

Bahan:
500 gr udang yang sudah dibuang kulitnya atau cumi yang sudah dipotong-potong.
1 butir telur kocok lepas
Tepung bumbu sesuai kebutuhan
Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Celupkan udang/cumi ke dalam telur.
2. Angkat dari celupan telur kemudian celupkan ke dalam tepung bumbu.
3. Ulangi sekali lagi langkah 1 dan 2 , biasanya hasil tepungnya lebih keriting. Tapi kalau malas, sekali sudah cukup.
4. Goreng dalam minyak goreng panas. 
5. Jika ingin langsung dimakan goreng hingga matang, jika ingin disimpan goreng sebentar kemudian tiriskan dan simpan di frezeer menggunakan wadah.

Setengah kilo biasanya bisa tiga kali goreng untuk anak-anak, praktisnya untuk menggoreng berikutnya tidak perlu ribet celap-celup lagi. Tinggal keluarkan dari kulkas sebentar kemudian goreng hingga matang. 

3. Tahu Isi dan Risoles

Di daerah saya tinggal tahu isi kebanyakan isi mihun atau bakso, jarang yang isi sayur. Padahal saya paling suka yang isi sayur. Nah yang isi sayurpun sebenarnya diisi dengan sayur mentah yang dibumbuin. Tapi demi kepraktisan saya buat isi yang win-win solution untuk tahu isi dan risolesnya.

Isi risolespun disini kebanyakan mihun, jarang menemukan yang isi sayur. Sebenarnya isi risoles yang enak itu yang pakai ayam. Tapi kayaknya tahu isi ala-ala risoles agak aneh deh makanya disamain aja isinya.

Saya juga bikin sekaligus banyak, untuk menu takjil tinggal goreng saja.

Bahan:
10 buah tahu pong atau tahu biasa digoreng kering
20 lembar kulit lumpia
100 gram wortel iris korek api

100 gram kubis iris tipis
1 siung bawang putih
3 siung bawang merah
garam secukupnya
penyedap rasa secukupnya
sedikit minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Haluskan bawang merah dan bawang putih
2. Tumis hingga harum kemudian masukkan wortel dan kubis.
3. Tambahkan garam dan penyedap rasa, tambahkan sedikit air dan biarkan hingga lunak sambil sesekali diaduk.
4. Dinginkan, kemudian isikan ke tahu dan kulit lumpia
5. Untuk tahu sebelum digoreng celup dulu dalam tepung yang diberi air, untuk risoles langsung digoreng saja, sisanya masukkan dalam freezer dalam wadah tertutup.

4. Chicken Strips

Yang satu ini juga termasuk favorit anak-anak. Lebih mudah membuatnya dan tinggal dimasukkan dalam freezer.

Bahan:
Dada ayam buang kulitnya potong memanjang
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
garam secukupnya
penyedap rasa secukupnya
1 butir telur
Tepung panir secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan bawang merah dan bawang putih
2. Campurkan bumbu halus tersebut ke dalam dada ayam beserta garam dan penyedap rasa. Bumbui diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.
3. Celupkan ke dalam telur
4. Gulingkan ke dalam tepung panir hingga seluruh bagian dagingnya tertutup.
5. Bisa langsung digporeng atau disimpan dalam freezer dalam wadah tertutup.

5. Piscok

Panganan ini cocok juga untuk dijadikan menu takjil. Di hari-hari biasa piscok sangat mudah ditemui, namun pada saat puasa sepertinya jarang yang menyajikan makanan ini. Caranya juga cukup mudah. Kuncinya ada pada pisang dan coklatnya.

Bahan:
4 buah pisang kepoh, bagi empat memanjang
16 lembar kulit lumpia
mentega
selai cokelat

Cara membuat:
1. Olesi kulit lumpia dengan mentega kemudian olesi dengan selai cokelat.
2. Masukkan pisang kemudian gulung memanjang, agar ujung-ujungnya menutup beri sedikit air kemudian lekatkan.
3. Bisa langsung di goreng atau dimasukkan dalam freezer.


Nah itu dia menu praktis untuk buka dan sahur. Kunci kepraktisannya adalah karena berbagai menu tersebut bisa disimpan dalam freezer, sehingga ketika waktu terdesak bisa tinggal goreng tanpa banyak menghabiskan waktu.

Meksi postingan ini agak terlambat karena puasa tinggal beberapa hari lagi, bisa juga diterapkan untuk hari-hari biasa. Agar ibu walaupun bolak-balik masak tapi nggak terlalu capek.

Semoga bermanfaat.

Tulisan diikutsertakan dalam challenge IIDN di  https://ibuibudoyannulis.com

Kamis, 14 Mei 2020

5 Tips Manajemen Keuangan Untuk Bisnis

09.35 3 Comments

manajemen-keuangan
Manajemen keuangan untuk bisnis itu gampang-gampang susah. Jika tidak pandai dalam melakukannya biasanya modal akan habis begitu saja, untungpun tak nampak wujud rupanya. Maka dari itu penting kiranya untuk mengelola manajemen keuangan untuk bisnis. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar manajemen keuangan untuk bisnis bisa dikelola dengan baik. 

1. Pisahkan Keuangan Bisnis dan Rumah Tangga 

Banyak pengusaha terutama yang masih skala kecil dan rumahan merasa bahwa memisahkan keuangan bisnis dan rumah tangga itu tidak perlu. Toh hasilnya belum banyak, begitu pikir beberapa pebisnis pemula. 

Padahal memisahkan keuangan ini diperlukan agar kita bisa memanajemen keuangan bisnis dengan baik. Dengan memisahkan keuangan bisnis dan rumah tangga kita akan melihat mana hasil bisnis kita selama ini. Modal awal pun dipegang, untungnya pun bisa digunakan untuk menambah modal atau mencukupi kebutuhan sehari-hari. 

2. Tertib Pencatatan 

Hal yang satu ini penting tetapi terkadang disepelekan. Ya pencatatan keuangan. Banyak yang merasa karena usahanya masih kecil pencatatan tidak diperlukan. Hasilnya ya untung atau rugi tidak kelihatan. Modal habis untuk konsumi juga tidak kelihatan. Maka dari itu penting sekali untuk tertib melakukan pencatatan keuangan bisnis. 

3. Rutin Menyusun Anggaran 

Menyusun anggaran merupakan bagian yang tak kalah penting. Apa saja yang diperlukan dalam bisnis wajib dicatat untuk kemudian dicari sumber anggarannya. 

Untuk menyusun anggaran ini bisa dilakukan mingguan, bulanan bahkan tahunan. Untuk membuat anggaran tentu saja kita harus tahu pengeluaran apa saja yang wajib. Pengeluaran sendiri ada dua macam yaitu pengeluaran rutin dan tidak rutin. 

Pengeluaran rutin contohnya listrik, bahan bakar, alat pembungkus (kalau berjualan online) dan lain-lain. Dalam perencanaan awal kita memang hanya bisa mengira dengan target yang sudah dimiliki. Sedangkan di  bulan selanjutnya bisa berkaca dari bulan sebelumnya. 

Susun anggaran secermat mungkin, agar deviasi kekurangan atau kelebihannya tidak terlalu besar. 

4. Buat Target Pendapatan 

Jangan takut dengan target. Target akan membuat kita semakin bersemangat dalam berusaha  . Ibarat mau jalan-jalan kemana tujuan harus jelas, kalau tidak malah akan terjadi pemborosan bahan bakar karena jalan tak tentu arah. 

Setelah menyusun anggaran kita jadi tahu berapa kebutuhan kita untuk usaha. Selanjutnya kita juga harus tahu berapa banyak keuntungan yang ingin kita raih. Dengan begitu kita akan lebih terarah dalam menentukan target seperti berapa banyak produk harus terjual dalam harian, mingguan, bulanan dan tahunan. 

Kadang ketika kita melakukan pinjaman untuk modal bisnis hal ini juga harus dimasukkan dalam target keuntungan. Karena pinjaman kita bayar dari keuntungan bukan? Setelah keuntungan dikurangi dengan pinjaman makan akan didapatkan keuntungan bersih yang dapat kita nimati atau bisa juga dijadikan tambahan modal usaha. 

5. Alokasi Keuntungan Untuk Tambahan Modal 

Seperti yang sudah disinggung di poin-poin sebelumnya, keuntungan dapat kita nikmati atau dapat digunakan sebagai tambahan modal usaha. Tentu saja jika ingin bisnis lebih berkembang kita harus mau berkorban. Dalam artian menyisihkan sebagian keuntungan untuk tambahan modal usaha. 

Keuntungan yang dialokasikan untuk tambahan modal ini bisa kita buat dalam bentuk persentase. Persentasenya juga sesuai dengan kemampuan finansial kita masing-masing. Pengeluaran konsumsi sebaiknya juga dihemat jika perlu agar bisnis berkembang dan akhirnya bisa menikmati hasilnya. 

Itulah lima tips manajemen keuangan untuk bisnis. Mudah dibaca namun terkadang sulit diterapkan. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat dan kita semua dapat meraih kesuksesan.