Senin, 03 Desember 2018

Uniknya Tinggal di Berbagai Kota Ini

10.18 0 Comments
Ibu sosok yang saya kagumi itu, ternyata sudah menyiapkan visi dan misi sejak kami kecil. Beliau bercerita kenapa kami tidak dibuatkan kamar masing-masing. Hal itu karena kami semua akan meninggalkan rumah dan ibu akan sedih melihat kamar-kamar kami yang kosong. Semua ditargetkan lulus SMP menuntut ilmu ke luar kota meski kakak tertua saya baru keluar rumah setelah lulus SMA dan bahkan adik saya sekarang ini masih tinggal di rumah.

Namun dari visi tersebut saya jadi tahu, semua kota menyuguhkan hal yang berbeda. Terutama makanannya, yang kalau nggak cocok bisa bikin kita makan mie instan sepanjang hari hihihi. Inilah kota-kota yang pernah saya tinggali.

1. Klaten

Saya memang lahir dan besar di Klaten, namun di bagian desanya yang jauh dari hirup pikuk keramaian. Klaten adalah daerah yang sejuk karena dekat dengan gunung Merapi. Dan saya mulai menginjakkan kaki di ibukota kabupaten Klaten sejak SMA.

Karena masih di satu daerah, makanan bukanlah hal yang menjadi momok. Karena semua masih sama, hanya saja lingkungan yang berbeda. Kalau biasanya beramah tamah sama tetangga sebelah, ini mereka mulai cuek.

2. Semarang

Meskipun sering bolak-balik ke Semarang, namun berada di kota ini untuk jangka waktu yang lama adalah saat saya mulai masuk kuliah. Mulai lebih jauh dari orang tua.

Di Semarang lebih panas dari Klaten mungkin karena dekat dengan laut. Namun makanan disini masih cukup nyaman di lidah. Sayang hanya dua bulan saya disini karena setelahnya saya hengkang ke Jakarta, masuk ke  Perguruan Tinggi Kedinasan.

3. Jakarta
Jakarta memang asyik dan menarik. Semua ada di ibukota. Tempat wisata populer, transportasi yang serba ada dan bahkan tempat kuliner menarik ada disini.

Tiap tahun yang saya nantikan adalah pameran. Mulai dari pameran buku, otomotif, ponsel dan lainnya. Walaupun cuma jadi penikmat windows shopping namun rasanya sudah bikin otak jadi fresh, apalagi kalau ada yang dibeli dan bahkan bisa ketemu artis ibukota, lebih bahagia lagi. Pengalaman paling menyenangkan di Jakarta adalah banyak menang kuis di radio. Macem-macem hadiahnya, ada yang berupa duit, marchendise bahkan CD original dari penyanyi luar negeri. Zaman saya dulu CD masih mahal di kisaran 80an ribu tahun 2004-2008.

Makanan favorit selama di Jakarta adalah nasi uduk, tapi tanpa gulai jengkol ya. Pokoknya asal pagi sarapannya pasti ini. Yang menyenangkan dari Jakarta adalah ketika bisa berpetualan, yah tersesat sih sebenarnya, tapi masih bisa balik lagi kok. Dan dari sini seperti mengumpulkan puzzle, jadi tahu rute kesana dan kesini. Tapi kalau sekarang disuruh menjelajah lagi saya sudah lupa dan mungkin angkutan yang dulu ada mungkin sekarang trayeknya sudah berubah.

4. Samarinda

Ibukota Provinsi Kalimantan Timur ini cukup memberikan suasana yang tenang. Meski ibukota provinsi, namun suasana kota lebih terasa di Balikpapan. Namun saya betah disini, suasananya mengingatkan saya akan kota kelahiran. 

Disini saya kos dan tinggal di sebelah kantor persis. Jadi enak kalau cuaca sedang tidak mendukung seperti hujan misalnya bisa berpayungan ke kantor. Disini juga banyak teman seperjuangan karena satu penempatan, jadinya tidak merasa sendiri di rantau orang hehehe.

Kuliner di sini didominasi oleh masakan Bugis, Banjar dan Jawa, maklum penduduknya juga didominasi oleh suku tersebut. Kita tidak akan kesusahan mencari Cotto Makasar, maupun Es Pisang Ijo disini, Pecel Pincuk Madiun juga tersebar dimana-mana dan merupakan makanan populer di Samarinda. Masakan Banjar juga tak kalah tenar, ada soto banjar yang juga banyak disajikan disini.

5. Bangkinang

Kota ini adalah ibukota Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Bahasa disini didominasi oleh bahasa minang dan ocu, meski masyarakat jawa juga banyak. Masakan disini didominasi oleh masakan minang. Awalnya saya nggak doyan tapi seiring berjalannya waktu akhirnya lidah mulai terbiasa.

Jika di Klaten makan sate biasanya siang atau malam hari, di Bangkinang sate bisa ada untuk sarapan maupun makan malam, malahan siang hari yang jarang ditemui sate. Soto yang ada juga soto padang yang cukup banyak rempah, kalau belum terbiasan mungkin harus menyesuaikan lidah dulu hehehe.

Disini orang-orang juga terbiasa menggunakan bahasa daerah. Saya yang baru disini awalnya hanya bisa bengong, namun lama kelamaan tahu juga arti dari bahasa sehari-hari yang digunakan. Bangkinang juga cukup strategis karena dekat dengan Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau dan dekat ke Bukittinggi Sumatera Barat.

6. Taluk Kuantan

Taluk Kuantan adalah ibukota Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Masih berbatasan dengan Kabupaten Kampar. Daerah ini memiliki kebudayaan yang mirip dengan kebudayaan di Kampar. Daerah ini merupakan daerah yang baru mekar, pecahan dari Kabupaten Indragiri Hulu. Yang istimewa dari tempat ini adalah festival Pacu Jalur yang rutin diadakan setiap tahun pada bulan Agustus.


Itulah tempat-tempat yang pernah saya tinggali dan keunikannya.


Minggu, 02 Desember 2018

5 Destinasi Wisata Impian Di Jepang

16.23 0 Comments
Mimpi itu jangan nangung-nanggung, ya nggak sih? Sama kayak mimpi jalan-jalan ke luar negeri. Sebagai pegawai negeri sipil seperti saya ini ya paling mimpi liburan ke luar negerinya ke negeri tetangga, Singapura atau Malaysia. Tapi berhubung ini mimpi jadi ya harus ditunggiin, siapa tahu bisa terwujud. Amin.

Jadi negara yang sangat ingin saya kunjungi itu Jepang. Ini impian semasa remaja sebenarnya. Dulu rajin beli buku bahasa Jepang, ceritanya otodidak belajar bahasa Jepang. Nah selagi masih mempersiapkan mental dan materi saya juga kepoin dong mau kemana kalau sudah nyampe sana. Ini dia lima destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Jepang.

1. Fujiko F Fujio Museum
exhibition hall 1
credit

Sebagai penggemar Doraemon sejak masih TK hingga sekarang sudah punya anak tiga rasanya tak muluk-muluk saya punya impian kesini.

Museum ini buka tiap hari kecuali hari Selasa mulai jam 10.00-18.00. Tiket tidak dapat dibeli langsung melainkan harus beli secara online atau membeli di minimarket Lawson. Museum ini terlihat cukup bersih dan cantik. Ada dua ruang pameran disini yang di dalamnya berisi komik karya Fujiko F Fujio.

Selain berisi tentang Fujiko F Fujio museum ini juga terdapat cafe dan gift shop. Area permainan anak juga ada, yang menarik ada Fujiko F Fujio Theater yang menyuguhkan film yang tidak pernah diputar di manapun. Makin mupeng ni kayaknya.

Sumber: http://fujiko-museum.com/english

2. Yokohama Raumen Museum
credit

Masakan yang terkenal dari negeri ini adalah Ramen. Yah sebenarnya kuliner Jepang bagi saya tidak begitu menarik di lidah meski di mata sangat mengagumkan. Namun rasanya museum yang ini sayang jika dilewatkan. Cuma harus hati-hati, kalau mau nyicip pastikan dulu halal ya...

Di tempat ini selain menceritakan sejarah ramen juga terdapat 6 racikan ramen dari daerah yang berbeda, yaitu dari Hakata, Tokushima, Tokyo, Kitakata, Yamagata dan Sapporo. Wah kayak soto ya yang punya racikan khas masing-masing daerah.

Sumber: http://www.raumen.co.jp/english/

3. Zoorasia
pinguin
credit

Destinasi wisata yang satu ini terbilang baru. Zoorasia, kebun binatang ini didirikan pada tahun 1999 yang merupakan kebun binatang terbesar di Jepang. Tema yang diusung adalah "Simbiosis of Life" dan "Harmony With Nature". Kebun binatang ini cukup asri dan hijau, mirip di Indonesia.

Yang bikin penasaran pengen lihat Okapi sama Pinguin disini. Kebun binatang ini juga tutup di hari Selasa dengan jam operasional 09.30-16.30. Harga tiket masuknya 800 Yen untuk orang dewasa, 300 Yen remaja dan 200 Yen anak-anak.

Sumber: https://www.japan-guide.com/e/e3209.html

4. Okinawa Chaurumi Aquarium
credit

Akuarium ini merupakan akuarium terbesar kedua di dunia. Dengan tinggi 8,2 meter dan lebar 22,5 meter. Di akuarium ini memiliki hewan populer seperti hiu paus yang bisa kita temui juga di perairan Indonesia. Pari Manta yang terbesar di dunia juga ada disini. Ada juga terumbu karang dan ada juga bagian akuarium yang menunjukkan kehidupan laut dalam, yaitu hewan yang hidup 200-700 meter di bawah permukaan laut.

Sumber: https://churaumi.okinawa/sp/en/haisai/

5. Jigokudani Monkey Park
credit

Yang ini masih tentang hewan lagi. Awalnya ingin kesini karena penasaran dengan monyet yang berendam di air panas hihihi kayak manusia ya. Tapi setelah baca ulasannya, agak-agak serem juga mau kesini.

Dari namanya saja Jigokudani itu berarti Lembah Neraka. Wah ngeri ya namanya. Untuk mencapai tempat ini diperlukan pendakian sekitar 2 kilometer. Duh yang nggak pernah naik gunung kayak saya ini dengarnya saja langsung lemes hehehe.

Monyet yang ada disini adalah monyet Jepang atau yang juga dikenal sebagai monyet salju. Monyet-monyet ini turun ke lembah, untuk mencari Onsen alias sumber air panas dan menghangatkan badan disitu. Makanya monyet ini berendam disini dan jadi destinasi wisata yang unik.

Sumber:https://en.wikipedia.org/wiki/Jigokudani_Monkey_Park


Nah itulah lima destinasi wisata impian ke Jepang. Meski yang kelima bikin ragu hihihi. Yaaah namanya juga impian ya, menginjakkan kaki di Jepang aja susah syukur apalagi bisa main ke destinasi wisatanya.

Sabtu, 01 Desember 2018

5 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Badan

14.56 3 Comments

Saya bukanlah sarjana kesehatan atau dokter atau semacamnya. Bukan juga orang yang bekerja pada bidang kesehatan. Namun, yang namanya menjaga kesehatan adalah hal wajib. Walaupun cara yang akan saya sharing ini sangat sederhana, mudah-mudahan bermanfaat.

Beginilah cara saya menjaga kesehatan:

1. Istirahat yang Cukup
credit

Istirahat kadang dianggap sepele. Padahal beristirahat dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Beda usia beda juga lama beristirahat. Untuk orang dewasa istirahat yang dianjurkan biasanya 5-8 jam sehari. Sedangkan anak-anak bisa hingga 12 jam sehari dan bayi bahkan bisa hingga 18 jam per hari.

Saya selalu mencoba memenuhi jam istiahat tersebut. Selain di badan menjadi lebih fit juga lebih bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Yang sangat perlu diperhatikan adalah jam istirahat anak-anak. Karena pada saat istirahat sel-sel otak anak juga berkembang, makanya anak-anak harus mempunyai jam istirahat yang cukup agar tidak menganggu tumbuh kembangnya.

2. Makan Teratur
credit

Makan saya jadwalkan 3 kali sehari. Mungkin bagi sebagian orang hal ini adalah teori lama, tapi meski demikian saya tetap melaksanakannya dan menjadikannya pegangan. Walaupun kadang tidak harus makan nasi. Selain makan besar 3 kali sehari ada lagi jam makan makanan ringan 2 kali sehari yaitu jam sepuluh pagi dan jam empat sore.

Makan yang paling agak besar porsinya saya jadwalkan di siang hari. Kalau sarapan sekedar makan kue sudah cukup, makan malam juga tidak terlalu banyak, biasanya diperbanyak sayur atau protein saja. Sedangkan jam ngemil biasanya rame-rame di kantor atau bawa cemilan sendiri.

3. Makan-makanan Bergizi
credit

Makan makanan bergizi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun kemudian tidak semua makanan bisa dimakan apalagi bagi mereka yang menderita penyakit tertentu seperti gula darah. Ada makanan yang memang harus dihindari demi menjaga kesehatan.

Saya dan suami memiliki keluhan yang berbeda, kalau saya sering kelebihan kolesterol, kalau suami sering kelebihan asam urat. Saya tidak makan telur melainkan tahu tempe, kalau suami sebaliknya.

4. Hindari Stres
credit

Ini adalah hal yang paling penting dalam hidup, karena sebenarnya sumber segala penyakit adalah tingkat stress yang kita alami. Jadi stress juga nggak boleh didiamkan atau dipendam, harus diungkapkan kepada seseorang agar kadar stress yang dialami berkurang. Karena stress yang menumpuk akan mengakibatkan kesehatan seseorang yang buruk.

Agar tidak stress saya menulis. Menulis apa saja yang di akhri tulisan membuat saya tersenyum. Atau memasak, yang bau harumnya bisa membuat otak saya rileks dan stress berkurang.

5. Konsumsi Suplemen
credit

Ini adalah menu tambahan ketika badan terasa tidak enak juga. Suplemen ini hanya bertujuan untuk menjaga daya tahan tubuh ketika istirahat kurang, atau asupan makanan belum lengkap gizinya. Suplemen yang saya minumpun saya pilih yang berlabel jamu. Karena biasanya tidak memiliki efek samping ataupun memperberat kerja ginjal.

Harapannya dengan menerapkan lima langkah hidup sehat ini, kami makin terhindar dari yang namanya penyakit dan tidak mengkonsumsi obat-obatan kimiawi. Namun tetap saja manusia hanya berusaha, Yang Maha Kuasa lah penentu segalanya.



Adakah yang bertanya mengapa olahraga tidak saya masukkan dalam lima langkah hidup sehat ini? Asumsi saya kami sudah otomatis berolahraga tiap hari karena di rumah tidak ada asisten jadi beberes rumah dilakukan suami, saya memasak dan mencuci. Belum lagi ngurusin bocah-bocah hihihi.

Jumat, 30 November 2018

Empat Barang Koleksi di Rumah

14.39 20 Comments

Mengoleksi barang sebenarnya bukan hobi saya. Apalagi mengoleksi barang-barang mahal yang pastinya sangat sayang kalau tujuannya hanya untuk koleksi saja. Yah walaupun ada juga sih orang yang memang melakukannya. Seperti kerabat kami yang gemar mengoleksi guci. Guci di rumahnya banyak, tapi tentu saja rumah sudah steril sama bocah, kalau nggak bisa jejeritan tiap hari hihihi.

Tapi setelah saya selidiki, ternyata ada barang-barang yang sebenarnya terkoleksi. Alias tidak sengaja mengoleksi. Tentu saja barang-barang koleksi ini harganya sangat terjangkau bahkan gratis. Hihihi, saya mah gitu orangnya suka yang gratisan. Ada tiga jenis barang yang ternyata sudah menumpuk di rumah. Yang walaupun tak sengaja terkoleksi namun banyak memiliki manfaat.

1. Ransel

Sebagai pegawai di salah satu instansi pemerintah yang rajin mengadakan pelatihan, ransel adalah hal yang sering didapat selama pelatihan. Bermacam-macam ransel sudah dikoleksi. Ada yang hitam, pink, merah, bahkan coklatpun ada.

Barang ini sebenarnya banyak manfaatnya. Tapi ketika terlalu banyak malah banyak mudharatnya. Yang nggak terpakailah, yang bikin rumah penuh lah hihihi. Makanya untuk barang yang satu ini kalau sudah terlalu banyak, akan kami hibahkan ke ponakan. Soalnya besok-besok juga bakal dapat lagi hehehe.

2. Pensil

Ini antara terkoleksi dan mengoleksi. Pensil bukan sembarang pensil ya, ini pensil hotel. Awal mengoleksi pensil hotel ini karena diujung pensil ada merk hotelnya. Bahkan ada beberapa hotel yang pensilnya unik seperti di hotel Fox Harris, pensilnya mirip pensil alis.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, kamipun mengoleksi pensil lebih banyak. Kadang dapat di kamar, atau setelah pelatihan usai peserta meninggalkan pensilnya, jadilah kami koleksi. Hasilnya? Buanyak pensil, dan ini khusu untuk si sulung yang pensilnya tiap hari hilang di sekolah. Eh jangan-jangan ada yang mengoleksi pensilnya wkwkwkwk.

3. Buku
Ini memang mengoleksi, sudah ada banyak buku yang dikoleksi sejak 2004. Namun banyak yang saya tinggal di Jawa karena tidak memungkinkan membawa banyak buku lintas pulau apalagi menggunakan pesawat.

Dulu saya sering menambah koleksi dengan membeli buku-buku diskon di bazar, kemudian lama-kelamaan memang menganggarkan buku per bulannya. Apalagi ada anak-anak yang memang butuh asupan buku bergizi. 

Sayangnya saat ini buku-buku belum ditempatkan dalam satu rak karena baru pindahan jadi masih berada di dalam kardus. Mudah-mudahan segera ada rezeki membeli rak buku yang  bagus untuk menempatkan rak buku.

4. Mainan
Ini jangan ditanya ada berapa banyak. Namanya juga punya banyak anak, mainan juga harus banyak hahaha. Sebenarnya belinya pas anak-anak sudah bosan dengan mainanya tapi lama-kelamaan ya terkumpul juga. 

Ada banyak mobil Mc Queen yang dulu memang kesukan si sulung. Ada juga boneka, yang sebanarnya emaknya yang suka, tapi si tengah juga senang main boneka. Namanya juga anak cewek. Sekitar tahun 2017 mendaptkan hibah boneka dari kakak di Jakarta, wuah nambah banyak deh bonekanya. Terakhir yang juga banyak adalah mainan puzzle dan lego.


Itulah empat barang koleksi di rumah. Memang sih kadang merasa bikin penuh rumah yang kecil ini. Namun yang penting anak-anak senang di rumah.

Kamis, 29 November 2018

Lima Buku Anak Yang Ciamik

16.10 27 Comments
Buku itu sudah seperti kebutuhan pokok. Tanpa buku rasanya ada sesuatu yang kurang. Kalau dulu biasanya beli buku untuk diri sendiri sekarang mulai mikir buat beli buku anak.

Membeli buku anak itu gampang-gampang susah. Beberapa permasalahan yang sering dihadapi adalah visualisasi buku. Buku yang cantik otomatis akan meningkatkan minat baca anak. Ada juga buku yang antara cerita  dan ilustrasinya nggak nyambung. Saya pernah beli buku  model begini, murah sih  namun dari segi mutu rugi rasanya.

Yang juga perlu diperhatikan yaitu cerita. Kadang ada cerita yang tidak sesuai dengan usia anak. Saya pernah menjumpai sebuah buku yang ilustrasinya bagus tapi isinya sama sekali tidak mencerminkan budi pekerti yang baik. Tokoh utamanya akhirnya bahagia namun dari hasil mencuri dari tokoh yang dijadikan antagonis.

Yang terakhir adalah budget. Budget ini perlu dijadikan pertimbangan untuk menjaga stabilitas ekonomi rumah tangga.

Nah untuk ibu-ibu yang mungkin saat ini sedang bingung mencari bahan bacaan atau belajar untuk anak, mungkin lima buku ini bisa membantu.

1. Halo Balita
Usia: 1-5 tahun

Saya membeli buku ini sekitar tahun 2013. Memang satu setnya bisa dibilang  cukup menguras dompet. Namun karena ada pilihan arisan saat itu jadi tidak terasa.

Isinya cukup mendidik, karena ada 3 nilai yang diajarkan yaitu self help, value dan spiritual. Buku ini juga turun temurun ke si tengah dan si bungsu. Kadang malah rebutan minta diceritain yang ini dan yang itu. Pokoknya kalau sudah ada buku ini anak-anak senang.

2. Serial Si Kancil
credit

Usia: 3 tahun ke atas

Ingat dongeng si kancil? Dongeng klasik ini seolah membawa saya ke masa lalu. Makanya ketika melihat sampulnya yang keren langsung kepincut. Ada beberapa seri dari dongeng ini seperti Kancil dan Pak Tani, Kancil dan Buaya dan sebagainya.

3. Buku Abacaga



Usia: 4 tahun keatas

Berkat buku inilah si sulung bisa membaca. Buku ini nampaknya juga bakalan turun temurun ke adiknya. Review tentang buku ini sudah pernah saya posting di blog ini. Metode membaca yang digunakan diadaptasi dari metode qiraati, sehingga anak tidak perlu lagi mengeja. Untuk anak usia TK sudah bisa digunakan. Per halaman dialokasikan waktu sekitar sepuluh menit, namun bagi anak yang sudah bisa membaca meski belum lancar waktu yang diperlukan biasanya kurang dari itu.

4. Kisah 25 Nabi
credit

Usia: 6 tahun ke atas

Buku ini dirancang khusus untuk anak-anak agar lebih mengenal nabinya. Namun karena ilustrasinya tidak begitu banyak jadi bisa digunakan untuk usia 6 tahun ke atas. Gaya bahasanya ringan dan mudah dipahami tanpa mengurangi hikmah yang terkandung.

5. Ensiklopedia Junior: Hewan-hewan Pemecah Rekor.
credit

Usia: 4 tahun ke atas

Buku ensiklopedia adalah salah satu jembatan anak mengenal dunia. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari buku ini, apalagi ensiklopedia biasanya juga memberikan gambar yang detail dan menarik. Buku ini pernah saya review juga di blog ini ya....

Sebenarnya buku ini bisa untuk semua umur. Namun kertasnya yang tidak terlalu tebal akan sangat mudah sobek ketika balita memegang atau memainkan atau bahkan sengaja merobeknya hehehe. Makanya menggunakan buku ini untuk balita harus didampingi orang tua, kalau tidak bisa-bisa hancur deh tu.

Itulah lima buku ciamik yang ada di rumah kami. Semoga bisa diambil manfaatnya.

Rabu, 28 November 2018

Ini Dia Lima Blogger Favorit Versi Pwwidayati.com

15.21 30 Comments
credit
Apaan sih kayak mau bikin penghargaan aja.....

Hehehehe ya jelas dong ya blogger harus dihargai, nggak cuman artes aja. Soalnya dari para blogger kita ini belajar, menghibur diri dan lainnya. Coba deh klik mbah google, misalnya tutorial menanak nasi. Hayooo yang keluar apalagi kalau bukan postigan  para blogger. Ya kan?

Nah kali ini dapat tantangan dari blogger perempuan untuk membuat list lima blogger favorit beserta alasannya. Mmmm kira-kira siapa ya yang masuk daftar blogger favorit saya. Ini dia

1. Carolina Ratri

credit
Awal kenal beliau waktu ikutan gabung di grup Monday Flash Fiction. Seru-seruan tiap senin menerima tantangan menciptakan flash fiction dengan tema tertentu. Dari komen beliaulah saya kemudian mengerti bahwa logika di dalam cerita itu juga penting dan harus terjelaskan walaupun secara implisit.

Carra begitu sapaan akrabnya juga banyak mengelola blog dan merupakan mentor blogging. Selain itu beliau banyak menuangkan fiksinya di https://fiksicarra.wordpress.com. Fiksi-fiksi yang dibuatnya hampir dipastikan kelam namun apik. Yang penasaran sama fiksinya langsung cus aja ya.

2. Octaviani Nur Hasanah
credit

Kalau ada yang asing dengan nama ini mungkin pada kenal sama Octa NH blogger yang juga penulis Geek in High Heels. Suami beliau ini ternyata masih satu almamater dengan saya, pernah ketemu tapi cuma papasan di jalan. Dan ternyata kampungnya itu nggak jauh dari rumah saya saat ini. Beda kabupaten sih tapi terjangkaulah.

Saya sering kepoin blognya. Soalnya si mbak satu ini bisa menulis panjang lebar tapi nggak bikin bosen. Bacanya tu ngalir dan dijamin kita pasti pengen terus membaca sampai habis. Apalagi kalau doi ngereview film, dijamin langsung googling buat nyari filmnya hihihi.

Postingannya banyak genre. Mulai dari cerita sehari-hari, review film, buku dsb, tutoorial crafting, hingga memasak. Beliau ini juga sering menang lomba blog yang hadiahnya kece-kece lho. Ada yang jalan-jalan ke luar negeri, smarthphone dan lain-lain. Kalau mau kepoin blognya mampir disini ya http://octavianinurhasanah.net/

3. Dian Restu Agustina
credit
Postingan mbak Dian ini selalu saja bikin saya kepincut. Awal mula mengenal beliau dari sebuah grup blogging juga. Akhirnya berteman di facebook. Beliau ini fansnya banyak, lihat saja postingan facebooknya yang selalu banjir komentar hihihi #irimodeon.

Mbak Dian ini juga sering memenagi lomba blogging. Soalnya tulisannya memang ciamik, apalagi tentang travelling. Deuh bikin ngiler dan maunya langsung angkut koper wkwkwkwk. Nggak percaya? Coba deh cek di http://www.dianrestuagustina.com

4. Nurin Ainistikmalia
credit
Beliau ini adalah teman seangkatan saya waktu kuliah. Beliau juga seorang penulis dan juga blogger. Saya suka membaca postingan sahabat saya ini yang sarat hikmah. Tidak ada kesan menggurui dan kisah yang dibangunnya membuat kita seolah-olah sedang membaca sebuah cerita pendek.

Nurin juga merupakan founder Perempuan BPS Menulis yang membantu para karyawati BPS untuk dapat menelurkan tulisannya di media. Pokonya Te O Pe banget deh. Saya sering terkagum-kagum sama sepak terjangnya yang luar biasa. Ingin mendapatkan hikmah juga dari tulisan Nurin? Simak disini ya https://www.istikmalia.com/.

5. Triani Retno A
credit
Pertama kali mengenal nama beliau dari sebuah buku tentang kepenulisan khususnya menulis fiksi. Banyak tips-tips yang beliau sampaikan dalam buku tersebut, dan terbukti jitu. Dan rupanya selain penulis buku beliau juga seorang blogger. Blognya nggak cuma satu lho.

Ada blog yang dikhususkan untuk menulis resensi dan lomba menulis, sementara ada juga blog yang isinya macam-macam ada keuangan, kuliner, parenting dan lain-lain. Hebatnya beliau ini juga penulis buku yang produktif. Padahal di blognya https://www.trianiretno.com aja sudah bahas macem-macem ditambah nulis buku. Wah gimana bagi waktunya ya.... 


Itulah kelima blogger favorit saya. Kesemuanya wanita karena biasanya blogger laki-laki kebanyakan membahas tentang techno dan saya agak nggak nyambung dengan tema tersebut. Semoga bisa meneladani mereka dalam berkarya.