Rabu, 17 November 2021

Postingan Enggak Penting

06.24 1 Comments



Pernah gak sih merasa postingan kita enggak penting? Postingan receh yang bikin kita maju mundur untuk mengunggahnya di media sosial? Mulai sekarang jangan ragu ya untuk membuat postingan enggak penting itu, karena di balik postingan enggak penting ada cuan yang bisa dihasilkan. Eh seriusan?

Branding

sumber: pixabay.com



Dibalik postingan enggak penting itu ada personal branding yang kita bawa. Personal branding itu gampangnya adalah seperti apa kita dikenal oleh teman-teman kita di sosial media. Sebagai tukang jualan gamis yang lucu, atau ibu rumah tangga yang suka nulis dan lain sebagainya.

Jadi keseharian yang enggak penting bisa kita buat postingan atau konten. Misalnya lagi sibuk packing anak rewel. Receh gak sih dan kayaknya gak perlu diumbar di sosial media, tapi ini bisa menjadi personal branding kita lho. Jadi secara tidak langsung memberi tahu netizen bahwa kita itu jualan hehehe. Atau pas lagi nulis ternyata file nya gak kesimpen, terus kita nangis. Ini juga menjadi pemberitahuan tidak langsung bahwa kita penulis, cieee.

Memperbanyak Interaksi

sumber: pixabay.com



Postingan enggak penting biasanya lebih banyak interaksinya. Hal ini tentu saja akan membuat enggagement sosial media kita naik. Seneng dong postingannya banyak yang ngelike atau komen. Ya salah satunya dengan postingan enggak penting ini. 

Coba ceritakan kelucuan yang kita alami hari ini, pasti banyak interaksinya. Atau sekedar melemparkan pertanyaan konyol juga bisa. Pasti banyak jempol gemes tu hehehe.

Posting Aja

sumber: pixabay.com



Iya kadang untuk menerbitkan sebuah postingan apapun kita perlu mikir dulu. Ya kalau mikirnya sebentar, kalau mikirnya lama? Bisa-bisa seharian gak posting deh. Maka dari itu postingan enggak penting bisa membantu kita keluar dari masa-msa sulit ini (apaan sih hihihi). Yah intinya kalau pas mentok gak ada sesuatu hal yang ingin kita posting, posting saja hal-hal gak penting. 

Kayak di blog ini, linglung di saat weekend saja bisa jadi postingan. Padahal siapa sih yang peduli toh saya bukan artis. Tapi daripada gak update postingan mending di-update kan.

Sebenarnya postingan ini juga postingan enggak penting sih, cuma mau ngasih tahu aja kalau postingan enggak penting itu tetap kita perlukan. Setuju nggak? 

Kamis, 11 November 2021

Nongki Asyik Di Timba Eatery

12.02 5 Comments



Akhir-akhir ini daerah sekitar kantor mulai ramai. Padahal kantor kami ini termasuk berada di wilayah yang sepi karena di puncak bukit dan tidak ada apa-apa disana. Makanya ketika ada yang berbondong-bondong datang kamipun keheranan. Bahkan di hari Sabtu dan Minggu jumlah orang yang datang semakin ramai. Ada apa gerangan?

Ternyata oh ternyata sebelah kantor ada cafe baru. Namanya Timba Studio & Eatery. Jadi memang di tempat ini bukan hanya ada cafe saja tapi juga ada studio fotonya. Rasanya kurang afdol gak main ke tetangga baru kan, akhirnya cobain mampir kesini deh.

Suasana



Suasana disini cukup nyaman, jauh dari kebisingan karena memang letaknya tidak berada di kota melainkan di puncak bukit. Ditambah lagi pemandangan di belakang Cafe yang cukup cantik. Karena Cafe ini berada di ketinggian sehingga di bagian belakang Cafe kita bisa melihat pemandangan Kota Bangkinang dari ketinggian. Makin bagus lagi pemandangan saat malam hari.

Cafe ini beralamat di Jl HR Soebrantas Siswanto no 88, sebelah Kantor BPS Kabupaten Kampar (gak sebelah persis sih ada lahan kosong diantara kantor BPS dan Cafe ini) atau berada di seberang kantor PUPR Kabupaten Kampar. Pakai Google Map gak akan nyasar kok.

Untuk pemesanan disini kita lakukan secara mandiri dan langsung membayar, sama seperti waralaba  makanan cepat saji. Bedanya pesanan kita diolah dan diantarkan oleh waitress dan bukan dibawa langsung. Oiya cafe ini tidak setiap hari buka ya, hanya buka di hari Kamis hingga Minggu mulai jam 12 siang sampai jam 10 malam.

Tempat ini juga didesain dengan cukup instagramable. Jadi sambil menunggu pesanan kita bisa berselfie ria atau memotret situasi sekitar. Dijamin asyik deh.

Menu dan Citarasa



Ngomongin soal menu di Timba tidak banyak menu makanan yang bisa dipilih. Hanya ada sedikit menu camilan seperti kentang goreng dan nugget. Sedangkan  makanan berat yang tersedia seperti nasi goreng, nasi ayam, dan mi kosuka. Tapi untuk minuman disini ada banyak pilihan, mulai dari kopi, coklat dan minuman rasa buah.

Kami memesan kentang goreng, mi kosuka, orange punch, americano, Vietnam drip dan satu lagi minuman yang kami pesan saya lupa apa namanya pokoknya minuman coklat gitu buat bocah. 

Kentang goreng disini menurut saya spesial banget. Selain ukuran potongan kentangnya yang besar ada taburan wijen dan nori yang bikin makin sedap. Kami pesan dua porsi dan habis dong sama bocil dan emaknya hehehe. Begitu juga dengan Mi Kosuka nya. Rasanya enak, bumbunya gak terlalu kuat tapi pas rasanya. Taburan ayamnya juga lumayan banyak dan mi nya lembut. Seporsi bisa dimakan berdua lagi, karena porsinya juga lumayan besar.

Lanjut ke minuman juga gak kalah seru. Mulai dari minuman yang saya lupa namanya tadi ya, untuk anak-anak mereka suka sampai akhirnya beli tambahan buat di bawa pulang. Rasa coklatnya nendang, gak enek, gak kemanisan dan juga gak keenceran. Vietnam drip nya saya juga suka. Asem kopinya itu kerasa jadi gak kayak minum kopi susu di warung ya, eh. Orange punch nya gak kalah seru. Kombinasi minuman bersoda dan jeruk Mandarin nya pas di lidah, jadi makin rame deh suasana. Kalau americano nya standar aja ya, ya you know lah rasanya kayak apa hehehe.

Puas deh makan disini meski menunya sedikit. 

Pelayanan, Harga dan Pembayaran



Kalau pelayanan sebenarnya sudah cukup ramah. Tapi masih lumayan lama nunggunya. Mungkin karena pas akhir Minggu dan lumayan ramai, tapi menurutku sih masuk kategori lambat. Apalagi jarak pengantaran antara kentang goreng dan mi nya cukup lama. Untung aja bocah gak rewel dan bisa dialihkan dengan foto-foto.

Untuk harga disini tidak terlalu mahal, standar harga cafe pada umumnya. Apalagi untuk ukuran makanan menurut saya itu agak lebih jumbo jadi masih masuklah harganya di kantong. Dan untuk pembayaran bisa dengan uang cash, gesek maupun dengan shopeepay. Lebih fleksibel ya, karena gak melulu harus pegang uang cash yang biasanya lebih cepet habisnya.

Untuk antrian mungkin bisa dikondisikan lagi sih, karena waktu itu saya pesan itu agak berkerumun jadinya. Kalau kondisi sebelum pandemi mungkin biasa saja ya, tapi kondisi sekarang seharusnya protokol kesehatan lebih diperketat lagi, gak cuma cek suhu dan pakai masker, tapi jaga jarak juga.

Disebelah cafe ini ada studio foto juga lho, misalnya jenuh nunggu pesanan bisa juga mampir ke studionya. Ya mana tahu butuh foto prewed atau nikahan gitu. Bisa minta diskon kali ya hehehe. Kami sempat berofot-foto ria menggunakan properti studionya yaitu motor klasik yang dipajang di teras studio. Sok sok jadi fotografer gak apa lah ya, mana tahu bisa jadi profesi hihihi.

Rating


Oke deh saatnya ngasih rating, kali ini untuk timba saya kasih rating 4. Makanan dan minumannya enak harga juga standar. Pelayanan mungkin bisa lebih cepat lagi dan menunya bisa ditambah kali ya. 

Rabu, 10 November 2021

Selamat Hari Pahlawan Nasional 2021, Pahlawanku Inspirasiku

09.00 0 Comments

Sejarah Hari Pahlawan



Bulan November merupakan bulan pahlawan, karena pada tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan. Penetapan hari pahlawan tertuang dalam Keputusan Presiden No 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 yang ditandatangani oleh Presiden Pertama Indonesia, Soekarno yang diubah ke Keppres No 67 Tahun 1961 tentang Perubahan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 Tentang Hari-Hari Nasional Yang Bukan Hari Libur.

Peristiwa yang melatari Hari Pahlawan adalah pertempuran di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Pemicu peperangan ini adalah ketika pada masa gencatan senjata masih terjadi bentrokan-bentrokan hingga akhirnya menewaskan Brigadir J. Malaby yang merupakan pimpinan tentara Inggris di wilayah Jawa Timur. 

Hal tersebut membuat pihak Inggris marah dan mengeluarkan ultimatum kepada tentara dan rakyat Indonesia untuk menyerahkan senjata dan menghentikan perlawanan terhadap tentara Inggris. Jika hal tersebut tidak dilaksanakan, maka Surabaya akan diserang dari segala arah (darat, laut dan udara). 

Ultimatum tersebut tidak ditaati oleh rakyat Surabaya sehingga pecahlah perang pada 10 November 1945 yang berlangsung selama tiga minggu. Ribuan rakyat menjadi korbannya. Perang ini juga tercatat sebagai perang pertama melawan tentara asing setelah diproklamasikannya kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Kenapa Hari Pahlawan Perlu Diperingati?



Masih ingat quote ini:
"Hanya bangsa yang menghormati jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar" (Ir Soekarno)

Sehingga peringatan hari pahlawan ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan. Sedangkan tujuan dari peringatan ini sendiri adalah:

  1. Membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugahkesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. 
  2. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia

Tema Hari Pahlawan dan Pesan Para Pahlawan



Tema Hari Pahlawan tahun ini adalah "PAHLAWANKU INSPIRASIKU". Pahlawan harus menjadi inspirasi kita dalam mengarungi beratnya kehidupan. Betapa perjuangan mereka dulu begitu berat. Berikut beberapa kutipan pesan perjuangan pahlawan nasioal.

1. Supriyadi 
“Kita yang berjuang jangan sekali-kali mengharapkan pangkat, kedudukan ataupun gaji yang tinggi “. (Disampaikan pada saat Supriyadi memimpin pertemuan rahasia yang dihadiri beberapa anggota Peta untuk melakukan pemberontakan melawan Pemerintah Jepang).

Pahlawan nasional ini bukan hanya inspirasi tapi juga pahlawan idola. Betapa di saat yang masih muda beliau berjuang begitu gigih melawan penjajah.

2. RA Kartini

“Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! 2 patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata “Aku tidak dapat!” melenyapkan rasa berani. Kalimat “Aku mau!” membuat kita mudah mendaki puncak gunung”.

Jleb banget gak sih? Betul-betul membangkitkan semangat untuk mencapai apa yang kita impikan meski harus melintasi kesulitan dan kesusahan. RA Kartini ini tidak begitu asing dalam kehidupan keluarga kami dulu. Kebetulan Ibu pernah dinas di Jepara, jadi pernak-pernik ibu Kartini beliau punya.

3. Tjut Nyak Dien

“Kita tidak akan menang bila kita masih terus mengingat semua kekalahan"

Pesan dari Tjut Nyak Dien ini juga begitu memberi semangat. Benar adanya bahwa kita sering lemah dan merasa lelah jika mengingat kekalahan. Jadi lupakan kekalahan, bahasa gaulnya move on  agar bisa mencapai masa depan yang kita harapkan. 

Amanat Menteri Sosial 

Amanat untuk memperingati hari pahlawan tahun ini adalah dari Menteri Sosial yaitu Ibu Risma. Beliau menyampaikan pesan sebagai berikut:
  1. Agar kita harus terus menggelorakan gotong royong agar persatuan semakin kuat. Dan dengan persatuan kita akan dengan mudah mewujudkan cita-cita para pahlawan. 
  2. Pertempuran 10 November juga mesti kita contoh agar tetap gigih berjuang, pantang menyerah dan tidak peduli dengan keterbatasan atau halangan,
  3. Semangat, tekad dan keyakinan pahlawan untuk merdeka juga harus kita terapkan untuk melawan kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas, karena saat ini itulah musuh terbesar kita. Kita memiliki potensi untuk melawannya karena selam 20 tahun kedepan (2020-2040) Indonesia akan memasuki bonus demografi kependudukan. 
  4. Memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai dengan kempuan dan profesi masing-masing.
  5. Tidak ada yang tidak bisa, asal kita mau atau tidak terkhusus untuk anak-anak yang dapat mengembangkan talenta apa saja meski dalam keterbatasan. 
  6. Menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik.

 

Dan seperti biasa peringatan hari Pahlawan kali ini adalah dengan upacara mengenang para pahlawan. Semoga kita dapat mencotoh semangat juang para pahlawan kita. Pahlawanku Inspirasiku. 

Tulisan ini bersumber dari : https://kemensos.go.id/logo-hari-pahlawan-tahun-2021 

Selasa, 09 November 2021

Lima Lagu Jawa Favorit

05.00 4 Comments


Jujur meskipun saya orang Jawa tulen, dalam artian bapak ibu orang Jawa, lahir besar di Jawa, namun saya kurang melirik lagu Jawa. Apa sebabnya sayapun tak tahu, padahal tetangga sebelah dulu suka sekali memutar lagu-lagu Didi Kempot dengan volume tinggi kayak mau nikahan. 

Namun seiring berjalannya waktu saya mulai menyukai lagu Jawa. Terutama lagunya Didi Kempot yang mempermak lagu-lagu anak band menjadi versi Jawa hehehe. Tapi kemudian saya males, lagunya sedih semua soalnya. 

Hingga suatu hari ada seorang teman yang membuat saya tertarik untuk kembali mendengarkan lagu Jawa. Lagu-lagu yang direkomendasikan juga cukup apik. Tapi karena saya memang buta lagu Jawa gak tahu nama penyanyi dan judul lagunya ya akhirnya pure semua playlist saya adalah rekomendasi teman tadi. Dan ternyata lagu-lagu tersebut viral di tiktok. Pas ditanya junior di kantor sudah hafal dong judul lagu dan penyanyinya. Hehehe gak kalah gaul sama anak-anak muda kan.

Terus lagu apa saja yang menjadi favorit saya? Dari sekian banyak rekomendasi yang diberikan teman tadi (aslinya saya yang maksa hahaha) ini dia Lima lagu Jawa Favorit saya.

1. LDR ( Layang Dungo Restu)



Saya gak suka lagu sedih, eh malah direkomendasikan lagu ini. Bukan lagu patah hati sih tapi kerinduan itu kan juga menyiksa ya. Pengen ketemu gak bisa. Walaupun zaman kini sudah bisa video call tetap saja rasanya beda. Apalagi para pejuang LDR pasti sudah khatam suka dukanya.

Lagu ini banyak versi mulai dari Happy Asmara, Justin Lee dan lain-lain. Tapi yang paling saya suka versinya Happy Asmara

2. Widodari



Lagu ini romantis banget. Menceritakan tentang seorang cowok yang patah hati dan akhirnya menemukan tambatan hati. Bikin klepek-klepek pokoknya. Tapi kalau nonton video klipnya kita akan mendapatkan ending yang ngetwist banget. Cobain deh kalau gak percaya.

3. Satru



Saya pernah bertanya pada Ibu sewaktu masih duduk di bangku sekolah dasar tentang arti satru. Kata ibu saya satru artinya musuhan atau pertengkaran. Pas lihat judul lagu ini saya jadi ingat ibu dan pertanyaan saya itu. Kisah lagunya sih gak sedih-sedih banget cuma kesalahpahaman yang bikin pasangan ini bertengkar. 

Penyanyinya konon kabarnya memang sempat jadian, tapi sudah putus. Sayang banget ya, padahal fansnya banyak yang suka sama pasangan ini. Video klipnya bagus juga lho, meski endingnya bikin nyesek. 

4. Sebatas Teman



Lagu ini pilu dan sedih, dan saya yakin banyak yang mengalaminya. Dimana salah satunya berharap hubungan lebih tapi ternyata pihak yang lain hanya menganggap teman. Pedih sih tapi namanya perasaan tidak bisa dipaksakan. Tapi kalau jodoh pada suatu hari nanti pasti akan dibukakan pintu hatinya untukmu #eh


5. Mendung Tanpo Udan



Nah ini ni lagu yang paling viral di tiktok. Sampai-sampai sudah hafal dengan koreografi versi tiktoknya. Lagu sedih jadi pargoy memang tiktok jagonya.

Kisahnya tentang sebuah hubungan yang tidak sesuai harapan. Hiks so sad. Kalau nonton video klipnya sedih banget pas cowoknya bilang bahwa hubungan yang sudah terjalin hanya membuang waktunya dan ternyata si Ceweknya ternyata memang hanya menganggap teman. Ini sih namanya PHP. Tapi meski sedih lagunya tetap asyik kok.

Itu dia Lima lagu Jawa Favorit saya. Playlistnya langsung di save di Spotify aja biar gak cari-cari lagi kalau mau muter. Tapi ini Spotify versi web ya soalnya kalau versi android suka nambah-nambah lagu sendiri. Meski lagunya ambyar tapi tetap bikin semangat buat kerja heheh, setuju gak?

Senin, 08 November 2021

Maskeran Dengan Masker Serum Vita Glow

08.00 2 Comments
Entah kenapa saat belanja ke minimarket dan melihat deretan masker hati ini jadi tergerak ingin maskeran hehehe. Maklumlah kerjaan lagi pada dan sudah beberapa minggu enggak sempat maskeran.
 
Tetiba pilihan jatuh pada Masker Serum Vitaglow dari Glow &Lovely. Bungkusnya yang berwarna pink cerah memang sangat menggoda. Harganya juga lumayan terjangkau ya, sepuluh ribuan aja. Ya wes lah cus dibungkus. 

Sampai rumah langsung cobain deh. 

Cara Pemakaian


Pemakaian masker ini cukup mudah dan praktis. Beneran anti ribet pokoknya.

1. Bersihkan Wajah

Selalu sebelum skin care an kita wajib untuk membersihkan wajah. Supaya apa? Supaya kandungan masker ini bisa meresap secara optimal di kulit wajah.

2. Keluarkan Lembaran Masker

Sheet mask nya masih terlipat ya di dalam bungkusnya. Jadi buka dahulu sebelum ditempelkan di muka.

3. Tempelkan Masker Pada Muka

Tempelkan masker pada kulit wajah. Kalau ini sih gak usah diajarin ya .... Semua pasti juga sudah tahu hehehe. 

4. Biarkan 

Setelah ditempelkan di kulit wajah biarkan selama 15 menit ya agar serumnya meresap ke dalam kulit. Paling enak sih sambil tiduran, karena gaya gravitasi akan membantu menurunkan serum ke dalam kulit muka. Gitu gak sih? 

5. Lepaskan

Setelah 15 menit lepaskan makser secara perlahan. Sisa cairan yang masih ada di muka pijatkan secara rata hingga meresap.

Selesai deh.

Kandungan dan Manfaat Dalam Masker


Masker ini mengandung empat vitamin yaitu vitamin A, B, C dan D serta serum. Dengan adanya kandungan tersebut akan membuat kulit wajah kita menjadi:
1. Glowing seketika hanya dalam 15 menit
2. Menutrisi kulit agar terasa kenyal, halus dan lembut
3. Menyamarkan noda hitam dan jerawat.

Masker ini dapat digunakan setiap hari dan cocok untuk semua jenis kulit. Tapi jika terjadi iritasi di kulitmu segera hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter kulit ya....

Before After

Memang before after menggukan masker itu terasa sekali. Termasuk menggunakan serum makser Vitaglow ini. Awal mula kulit yang terasa kering seketika terasa terhidrasi dengan masker ini. 

Harumnya juga menenangkan sehingga pas rebahan malah enak ketiduran. Kalau gak dibangunin bocah mungkin kebablasan. 

Serumnya yang masih tinggal di kulit tinggal diratakan ke seluruh wajah. Bagusnya sih dipakai sebelum tidur ya, biar makin meresap serum dan multivitaminnya. 

Manfaat Mengenakan Masker Secara Rutin


Mengenakan masker secara rutin itu banyak manfaatnya. Dilansir dari situs halodoc berikut beberapa manfaat mengenakan masker:
1. Memberi nutrisi ke kulit
2. Membersihkan kulit wajah secara menyeluruh
3. Melembapkan kulit wajah
4. Eksfoliasi Kulit
5. Mengencangkan kulit wajah
6. Mencerahkan kulit wajah
7. Meredakan masalah kulit.

Itu dia pengalaman mengenakan Masker Serum Vitaglow dari Glow&Lovely semoga bermanfaat.



Minggu, 07 November 2021

Begini Rasanya Habis Vaksin Covid

09.00 2 Comments



Ada yang takut vaksin covid? Sama saya juga. Makanya ketika tidak ada panggilan vaksin saya lega pakai banget. Apalagi dibarengi dengan pro dan kontra yang membuat hati ini ragu. 

Selain berita miring di berbagai media, ada pengalaman teman dekat yang melakukan vaksin sebelum hari pernikahannya. Hal ini dilakukannya karena waktu itu persyaratan untuk melakukan perjalanan udara salah satunya adalah dengan vaksin. Sampai di kampung halaman teman ini malah positif covid, terpapar dari orang tuanya dan akhirnya sekeluarga semua positif. Yang paling menyedihkan adalah pernikahannya diundur dan akhirnya selenggarakan secafa virtual. Duh sedih banget, ambyar semua rencana. Dan yang jeas bikin saya takut.

Selain saya ternyata banyak teman yang juga takut vaksin. Tahu sendirilah banyak berita pro dan kontra yang belum jelas kebenarannya. Ah pokoknya bikin yang takut makin takut deh. Hingga akhirnya beberapa teman kantor sudah pada vaksin lengkap secara mandiri baik di puskesmas maupun di kantor-kantor yang menyelanggarakan vaksin.
Tim yang mau vaksin, cuma saya yang perempuan


Pucuk dicinta ulampun tiba. Hari itu ada jadwal vaksin, kebetulan Pak Bos juga ikut. Ya wes lah akhirnya saya ikutan juga daripada di entar-entarin malah gak punya temen lagi. Dan seperti biasanya saya satunya perempuan dalam tim kali itu. 

Awalnya kami menuju puskesmas. Disana lumayan antri tapi katanya blankonya habis dan kami malah disuruh fotocopy sendiri wkwkwk. Duh kok gini amat ya. Ya wes lha kami mundur saja dan pergi ke kantor camat yang kebetulan juga sedang menyelenggarakan vaksin.

Check Up Sebelum Vaksin

Sebelum divaksin kita akan di skrinning dulu mengenai beberapa gangguan kesehatan. Seperti apakah kita memiliki riwayat penyakit jantung, mengkonsumsi obat-obatan teretentu setiap hari. Jika lolos skrining ini akan dilanjutkan dengan cek gula dan tekanan darah.

Untuk cek gula darah harus dibawah batas ambang normal, lebih sedikit sepertinya masih ditoleransi. Soalnya  Pak Bos yang gula darahnya 224 mg/dl diizinkan tetap vaksin. Sedangkan untuk tekanan darah tidak boleh melebihi 180mmHg. 

Jika kita memiliki alergi obat sebaiknya diinfokan juga ke dokter ya, nanti sebelum divaksin akan dites dulu apakah kita alergi terhadap vaksin tersebut.

Rileks Saat Disuntik


Jangan tegang saat disuntik ya, karena ini bisa menyebabkan pendarahan. Santai dan rileks saja hal ini selain memudahkan tenaga kesehatan menyuntik juga tidak akan menimbulkan sakit dan pendarahan. Kalau misalnya kita takut sebaiknya jangan melihat saat disuntik, pejamkan mata saja dan cus selesai deh hehehe. 

Berada Di Tempat Sampai Dengan 15 Menit

Setelah disuntik kita akan dianjurkan untuk berada di lokasi vaksin selama lima belas menit. Hal ini untuk melihat apakah kita mengalami efek samping yang cukup berat atau tidak. Jika efek yang ditimbullkan cukup berat maka dokter akan segera menangani kita. Tapi jika efek yang ditimbulkan ringan maka kita diperbolehkan pulang.

Perawatan Pasca Vaksin


Sebenarnya pasca vaksin kita dianjurkan untuk beristirahat dan menghindari kerumunan. Namun mungkin tidak semua orang bisa izin atau cuti setelah vaksin ya maka ada beberapa hal yang bisa diterapkan di rumah pasca vaksin, kalau pengalaman saya sebagai berikut:

1. Kompres bagian lengan yang disuntik
Karena setelah disuntik bagian lengan akan terasa tegang dan kaku maka perlu dikompres untu mengurangi nyerinya. Selain kompres bisa juga dengan lebih banyak menggerakkan tangan agar lemas dan tidak kaku.

2. Sedia obat-obatan ringan
Akan timbul gejala setelah vaksin seperti demam, badan pegal-pegal, mengantuk, lelah dan sebagainya. Untuk beberapa keluhan bisa kita atasi dengan obat-obatan ringan misalnya parasetamol.

3. Istirahat Cukup
Walaupun tidak bisa izin atau cuti kita tetap harus memastikan bahwa istirahat kita cukup ya. Jangan begadang dulu soalnya kasihan badannya. Karena efek samping pada tubuh ini bisa berjalan hingga dua minggu meski berbeda pada tiap orang.

Mengenal Vaksin Pfizer
Saya mendapatkan vaksin Pfizer kali ini. Vaksin ini merupakan hasil kerjasama BioNTech Jerman dengan perusahaan farmasi Amerika Serikat Pfizer. Vaksin ini tidak mengandung virus Covid namun merupakan vaksin mRNA. Jadi cara kerja vaksin ini adalah dengan mengirim pesan kepada sistem sel untuk membentuk protein unik bagi virus corona sehingga bisa membentuk kekebalan tubuh terhadap virus tersebut. Tingkat efektivitas vaksin ini cukup tinggi yaitu 95 persen.

Vaksin ini juga aman untuk ibu hamil dan menyusui, dimana untuk ibu hamil usia kehamilannya sudah diatas 12 minggu dan paling lambat 33 minggu. Untuk remaja vaksin ini bisa diberikan untuk anak usia diatas 16 tahun. Pemberian vaksin ini juga sebanyak dua kali dimana jarak antara pemberian vaksin pertama dan kedua adalah 21 hari.

Efek samping setelah vaksin Pfizer bagi saya cukup lumayan, karena tiga puluh menit setelah divaksin saya mengantuk hebat. Besoknya badan meriang dan sakit-sakit semua. Malamnya juga tidak bisa tidur nyenyak karena badan sakit. Beda orang bisa beda efek sampingnya ya, berikut efek samping yang bisa dialami:
  • Nyeri, kemerahan, atau bengkak di tempat bekas suntikan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot atau nyeri sendi
  • Menggigil
  • Demam ringan
  • Mual atau merasa tidak enak badan
  • Bengkak di kelenjar getah bening
Sertifikat Vaksin


Sehari setelah vaksin kita akan diberitahu melalui sms supaya bisa mendapatkan sertifikat vaksin. Kita bisa mendownload di web peduli lindungi atau mendownload terlebih dahulu aplikasinya di playstore. Sebelum bisa mengakses sertifikat vaksin kita harus mendaftar di akun tersebut terlebih dahulu. Jadi sewaktu daftar vaksin berikan nomor hape yang aktif ya agar sms pemberitahuannya enggak nyasar.

Jadi masih takut buat vaksin covid? Kembali ke pilihan masing-masing sih ya hehehe.